30 July 2013 11:00
Banyak orang berpendapat bahwa iPhone 5S akan menjadi update ‘S’ terbesar dalam sejarah iPhone Apple. Di antara berbagai hal yang dikabarkan akan ditawarkan, smartphone itu diharapkan datang dengan sensor sidik jari. Bahkan, komponen ini diyakini menjadi alasan utama untuk memproduksi iPhone 5S secara massal. Menurut rumor yang beredar, sampai sekarang sensor sidik jari disebutkan akan berada di bawah tombol Home.
Namun paten Apple terakhir memberikan petunjuk lain, yakni ada kemungkinan bahwa sensor sidik jari pada iPhone 5S akan tertanam di layar. Teknologi yang disebutkan dalam paten ini berasal dari AuthenTec, sebuah perusahaan keamanan mobile yang dibeli Apple pada tahun 2012. Paten ini telah diajukan pada bulan Januari awal tahun ini.
Sensor ini dapat digunakan sebagai input sekunder dan juga sebagai sirkuit lain untuk menyediakan fungsi seleksi, tactile feedback (umpan balik taktil), atau bahkan meningkatkan tenaga perangkat. Kemungkinannya tidak terbatas. Dan gagasan itu sendiri dirasa tidak terlalu futuristik atau terlalu muluk. Jadi penerepan teknologi tersebut bukan hal yang mengada-ada.
12A  12B
12C
Masih menurut rumor, produksi massal Apple iPhone 5S dilaporkan akan dimulai akhir Juli sedangkan perangkat akan diresmikan September ini. (Nis)
Sumber : http://appleinsider.com (18/7/2013)