19 September 2012 20:30
Dengan berkembangnya kecanggihan aplikasi, keterlibatan smartphone pada dunia kemiliteran kian meningkat. Setelah diadopsi untuk mengukur jarak lintasan pada tembakan, ada temuan terbaru dari Lahiru Jayatilaka, warga Sri Lanka yang jebolah dari Universitas Harvard di AS. Lewat Rotus Technologies Ia merancang penggunaan PETALS (Pattern Ehancement Tools for Assisting Landmine Sensing), sebuah perangkat sensor yang ditambahkan pada smartphone.

PETALS nantinya dapat mendeteksi keberadaan logam dari ranjau yang bertebaran di bawah permukaan tanah. PETALS tak hanya mendeteksi kandungan logam, tapi juga dapat memindai bentuk dari obyek yang dicurigai sebagai ranjau. Peran smartphone disini adalah untuk menampilkan visual dengan parameter pendukung yang dikirimkan dari PETALS.

Dikutip SELULAR Online dari Ubergizmo.com (14/9/2012), PETALS punya kelebihan disbanding metal detector biasa, sebab PETALS dapat membedakan mana logam dari ranjau dan logam dari besi biasa. Nampaknya terobosan Lahiru cukup tepat, maklum di daratan Sri Lanka masih tertanam jutaan ranjau darat yang sewaktu-waktu dapat mengancam jiwa warga.

Adopsi PETALS juga akan lebih mudah, karena memanfaatkan smartphone biasa dengan penambahan aplikasi, dalam proyek ini smartphone yang diuji cobakan adalah iPhone. Saat ini PETALS masih dalam pengembangan, untuk kelanjutan PETALS kabarnya dibutuhkan dana sebesar US$150.000. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

Sumber : www.ubergizmo.com