Sunday, May 26, 2019
Home News Peneliti Kembangkan Panel Tenaga Surya yang Bisa untuk Smartphone

Peneliti Kembangkan Panel Tenaga Surya yang Bisa untuk Smartphone

-

25 August 2014 11:30
Salah satu keluhan yang kerap muncul berkenaan dengan keberadaan panel surya adalah “merusak pemandangan”. Keluhan seperti itu akan segera teratasi, setelah peneliti dari Michigan State University mengembangkan sel surya transparan, ini berarti jendela di rumah-rumah dan bangunan bisa memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik, di samping tentu saja masih bisa digunakan untuk melihat ke luar.
Pencapaian ini pun diharapkan semakin memperbanyak tingkat penggunaan sel surya di bangunan. Dengan bentuknya yang transparan itu, maka integrasi sel surya pada jendela bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini pun berhasil memecahkan permasalahan yang dijumpai oleh sel surya biasa.
Serupa dengan panel surya yang biasa kita temukan di rumah, panel ini menggunakan strip fotovoltaik di sekitar tepi untuk menangkap cahaya. Perbedaannya terletak pada molekul organik yang digunakan untuk menangkap cahaya ultra violet dan pancaran cahaya infrared matahari -tidak terlihat dengan mata telanjang- yang memungkinkan mereka untuk menjadi hampir sepenuhnya transparan. Selanjutnya, hasil tangkapan itu diarahkan ke lokasi sel surya yang berada di bagian ujung kaca.
Biaya panel dikatakan sangat terjangkau dengan penerapan bahan plastik tipis yang mampu memanen cahaya jelas (jendela mobil, display smartphone, dan jendela rumah). Namun metode seperti ini harus mengorbankan efisiensi energi yang dihasilkan. Tingkat konversi sel surya transparan ini hanya sebesar 1 persen, sangat jauh jika dibandingkan metode lain yang bisa memperoleh efisiensi hingga 19 persen. Dan untuk itu, kini para peneliti pun berusaha untuk meningkatkan efisiensinya hingga mencapai 5 persen.
Sebaliknya, panel surya yang paling efisien mampu menangkap hingga 40% dari cahaya, tapi sayangnya tidak transparan. (Choi)

 

Sumber : http://msutoday.msu.edu/

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest