28 August 2013 11:00
“Mata adalah jendela dunia.” Ungkapan itu sering kita dengar dan mengartikan mata sebagai salah satu indera penting yang sangat berperan penting dalam kehidupan. Begitu fungsi penglihatan terganggu, maka kehidupan kelam sebagai taruhannya. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan penanganan langsung dari dokter mata, terutama jika mereka tinggal di bagian terpencil dunia.

Tim peneliti dari London merancang sebuah alat eye-exam portabel dalam bentuk smartphone. Alat bernama “Peek” ini diharapkan bisa membantu penderita masalah mata tanpa harus dikenakan biaya peralatan yang mahal.

Cara kerja Peek menggunakan clip-on hardware dan aplikasi mobile, yang bila dihubungkan dapat mengubah sebuah smartphone Android menjadi perangkat pemeriksaan mata portabel. Peek pun dapat melakukan diagnosa dengan cukup akurat. Aplikasinya berisikan beberapa fitur, termasuk geotagging, yang membuatnya lebih mudah untuk mencari pasien. Ada juga sejumlah tes mata untuk beberapa bagian tertentu seperti bidang visual, kejernihan penglihatan, pencitraan retina, tes buta warna, tes katarak, dan lain-lain.

Saat ini, Peek sedang dikembangkan oleh tim peneliti di London, dan mengambil lokasi di Kenya untuk menjajal aplikasi. Para peneliti Peek berencana melakukan berbagai studi dengan aplikasi tersebut, dan mereka juga terbuka untuk saran. Alat ini dimaksud untuk menyasar daerah minim peralatan medis. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ubergizmo.com