24 June 2014 17:30
Path kian memperbesar layanannya. Mengikuti jejak Facebook, perusahaan asal San Francisco itu rupanya ikutan merilis aplikasi standalone (aplikasi yang berdiri sendiri) berjuluk Path Talk. Maksudnya, demi memisahkan layanan jejaring sosial dengan aplikasi pesan instan.
Path Talk sudah resmi diluncurkan untuk perangkat Android dan iOS. Layanan ini terintegrasi dengan nomor ponsel serta daftar kontak di perangkat pengguna. Pengguna bisa menambahkan teman berdasarkan nomor telepon. Tetapi, dengan syarat teman bersangkutan harus memiliki akun Path Talk terlebih dahulu.

Tab navigasi di bagian atas Path Talk identik seperti Path. Terdapat nama pengguna, foto profil, dan cover. Sama seperti aplikasi chatting pada umumnya, Path Talk memiliki beberapa menu, seperti Message, Status, dan People. Pada bagian kanan atas, pengguna bisa melakukan pengaturan akun dan menu Status apa yang ingin ditampilkan.

Fitur Message, berperan sebagai pengantar pesan pada Path. Tak sekadar berbagi pesan teks, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk berkirim video dan foto, berbagi lokasi, pesan suara, dan musik. Pengguna juga dapat berkirim 1.500 stiker digital yang diunduh gratis maupun berbayar. Path Talk juga memungkinkan pengguna membuat grup chatting. Path Talk fokus pada privasi dengan menyediakan fitur yang disebut Off the Record. Seluruh pesan yang dikirim via Path Talk akan terhapus dari server dan dari perangkat pengguna dalam waktu 24 jam setelah pesan dikirim.

Menu Status menampilkan informasi tentang status teman, mulai dari lokasi, cuaca, sampai persentase baterai dari perangkat teman. Ada juga fitur Quick Reply. Seperti namanya, fitur ini memudahkan pengguna membalas pesan secara cepat. Caranya, dengan mengirim tanda telepon (berwarna biru) atau tanda tanya (kuning) yang bisa dilakukan dengan menggeser nama kontak ke kanan, atau tanda ceklis (hijau) yang terletak di sebelah kanan kolom chatting.

Pengguna dapat mengirim tanda ceklis jika setuju dengan gagasan teman bicara. Sementara tanda telepon berarti meminta percakapan dilanjutkan via panggilan telepon. Tak seperti LINE, kemampuan telefoni di Path Talk tak bergantung pada koneksi internet tapi pada layanan operator.

Saat perusahaan memberikan update mendatang, Path Talk bakal menyediakan kemampuan untuk bisa mengirim pesan reservasi ke toko atau restauran favorit pengguna. Melalui aplikasi ini, pengguna akan menerima jawaban langsung mengenai pesanan tersebut dari pihak terkait. (Choi)

 

Sumber : http://blogs.wsj.com/