24 February 2014 13:00
Meski pointing device paling hebat yang pernah ada adalah jari tangan, namun Samsung kerap membekali lini phablet Galaxy Note miliknya dengan aksesoris stylus pen biasa yang disebut sebagai S Pen. Setiap tahun, kita selalu disuguhkan perubahan spesifikasi dan fitur dari perangkat Galaxy Note. Namun, kemampuan stylus pendamping pada dasarnya tetap sama selama bertahun-tahun.

Dalam dua aplikasi paten yang Samsung ajukan ke United States Patent and Trademark Office (USPTO), rasanya bisa memberi petunjuk keunggulan S Pen generasi mendatang. Samsung patenkan stylus model baru yang dilengkapi dengan fitur tak biasa, yakni microphone dan speaker.

Seperti yang dijelaskan dalam paten, komponen-komponen dalam stylus akan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon serta memberikan perintah suara, bahkan tanpa pengguna harus memegang perangkat mereka

“Stylus secara efektif berfungsi sebagai pengganti headset nirkabel,” kata Samsung dalam satu aplikasi paten. Pengguna hanya perlu melekatkan stylus di saku baju (seperti pena), dan selanjutnya melakukan berbagai tugas secara hands-free.

Sementara, aplikasi paten satunya lagi berhubungan dengan kenyamanan saat memegang (grip). S Pen berikutnya dilaporkan memiliki pegangan timbul (protruding grip) begitu stylus ditarik dari perangkat. Secara fisik tak ada perbedaan dengan model stylus sebelumnya.

Paten mengenai fitur di stylus S Pen mungkin belum kita lihat dalam waktu dekat. Setidaknya, perusahaan asal Korea Selatan itu bakal mempertimbangkan aksesoris utama ini untuk menemani phablet masa depan Galaxy Note 4. (Choiru Rizkia)
selular15735599820140218134449

Sumber : http://appft1.uspto.gov/netacgi