28 March 2014 16:30
Jakarta – Nokia resmi memperkenalkan ponsel pintar pertamanya yang berbasis sistem operasi Android, Nokia X, untuk pasar Indonesia, Kamis (27/3/2014) di Jakarta. Nokia X adalah salah satu dari serangkaian smartphone baru Nokia yang dapat menjalankan aplikasi AndroidTM, dikombinasikan dengan fitur khas Nokia dan layanan dari Microsoft. Ponsel seri Nokia X menggunakan basis sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi oleh Nokia.
Dalam mengembangkan Android, Nokia hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang bisa digunakan siapa saja secara gratis karena sistem operasi ini bersifat terbuka (open source). Dengan ini Nokia bisa mengubah tampilan antarmuka Android di Nokia X sehingga terlihat seperti tampilan Windows Phone dengan nuansa “Tiles” kotak-kotak seperti seri Lumia. Untuk mengunduh aplikasi Android Nokia X tidak melalui Google Play Store, melainkan melalui Nokia Store. Selain dari Nokia Store, pengguna juga bisa mendapatkan aplikasi Android untuk Nokia X dari sumber lain seperti Yandex, Aptoide, Mobango dan sideload.
Nokia juga tidak membeli lisensi layanan Mobile Google jadi Nokia X tidak menyediakan aplikasi dan layanan Google secara default, yakni Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+. Selain itu, disediakan layanan unik Nokia seperti HERE Maps online dan offline, begitu pula dengan navigasi turn-by-turn dari HERE Drive dan gratis1 Nokia MixRadio untuk streaming musik dan download playlist. Nokia X juga memberikan layanan popular dari Microsoft, termasuk layanan cloud gratis menggunakan OneDrive. Khusus untuk pengguna Nokia X, Nokia menawarkan akses panggilan gratis selama satu bulan menggunakan Skype dan memori penyimpanan 10GB gratis menggunakan OneDrive.
BlackBerry Messenger (BBM), salah satu aplikasi pesan instan popular di Indonesia juga sudah tersedia langsung (pre-loaded) dalam Nokia X. Selain BBM, berbagai aplikasi AndroidTM ternama seperti Facebook, Twitter, LINE dan WeChat yang sudah tersedia langsung (pre-loaded), juga dapat diakses oleh pengguna Nokia X. Sedangkan beragam aplikasi populer lainnya seperti Instagram, Path, WhatsApp, Temple Run, Subway Surfer, Hay Day, Candy Crush dan Clash of Clans, bisa diunduh melalui Nokia Store dan toko aplikasi pihak ketiga.
Nokia X sejatinya ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah. Dapur pacu ponsel itu ditopang oleh prosesor Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play jenis dual-core Cortex-A5 1 GHz, kapasitas RAM 512 MB, memori internal 4 GB, layar 4 inci resolusi 800 x 480 piksel, kamera 3 MP, mendukung kartu SIM ganda (GSM), dan memakai baterai 1.500 mAh.
“Nokia terus menciptakan inovasi demi memenuhi kebutuhan lebih banyak pengguna, namun tetap memberikan kenunikan tersendiri yang membuatnya berbeda. Nokia X merupakan kombinasi terbaik dari ketiga dunia yang memungkinkan pengguna untuk memiliki akses pada beragam aplikasi favorit dan memberikan pengalaman baru dengan harga yang terjangkau,” ucap William Hamilton-Whyte, President Director, Nokia Indonesia.
Nokia X akan mulai tersedia pada tanggal 12 April 2014 dengan harga Rp 1.600.000. Pengguna dapat memilih warna case belakang yang dapat diganti dengan pilihan warna merah cerah, hijau cerah, cyan, kuning, putih dan hitam. (Deni Sukma)

 

Sumber : http://www.selular.co.id/