24 April 2014 19:00
Xiaomi Corp, vendor smartphone yang baru berusia empat tahun dan telah berhasil melampaui penjualan Apple Inc di Cina, berencana untuk memasuki 10 negara lain tahun ini guna mempercepat ekspansi internasional. Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan pada konferensi pers di Beijing kemarin (23/4), penjualan akan dimulai di negara-negara termasuk India, Brasil, dan Rusia.

Pembuat smartphone, televisi, dan router ini ingin memperluas jangkauan konsumen elektroniknya dan memperluas penjualan hingga ke belahan dunia lainnya selain basis dalam negeri China, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Xiaomi memangkas biaya dengan menjual langsung ke konsumen secara online dan Lei menargetkan untuk meningkatkan penjualan lima kali lipat menjadi 100 juta ponsel pada tahun 2015 kelak.

Perusahaan mencatatkan pre-order senilai 1,5 miliar yuan (Rp2,7 miliar) selama program ‘one-day Web sale’ di Cina pada 8 April silam, dan sekarang menjadi situs e-commerce ketiga terbesar domestik.

Smartphone Xiaomi Mi3 yang dijual seharga 1.999 yuan, atau kurang dari setengah harga Apple iPhone 5c yang dibanderol 4.488 yuan. Dibandingkan dengan 5c, Mi3 memiliki layar lebih besar dan lebih tajam; kamera dengan density pixel tinggi; dan prosesor cepat quad-core dari Nvidia Corp atau Qualcomm Inc. Lebih detail tentang Xiaomi Mi3, dapat klik review berikut ini . Daftar pasar yang diumumkan Lei saat ini adalah Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Turki, Meksiko,dan Filipina. (Nis)

Sumber : http://www.bloomberg.com (23/4/2014)