23 July 2013 14:30
Pekan lalu, berkembang rumor perihal rencana Nokia yang mungkin akan membawa dukungan Bluetooth LE (Low Energy) untuk smartphone Lumia tertentu. Kabar tersebut makin diperkuat oleh laporan dari The Verge, yang mengklaim mendapat bocoran dari sumber terpercaya. Menurutnya, pabrikan yang berbasis di Finlandia itu memang sedang mengembangkan sebuah update software yang akan memungkinkan teknologi Bluetooth 4.0 pada beberapa perangkat Lumia.

Beberapa model Lumia tertentu (pernah disebutkan tipe Nokia Lumia 720, 620, dan 520) itu dikatakan sudah memiliki komponen hardware yang kompetibel dengan Bluetooth 4.0, hanya perlu diaktifkan melalui pembaruan software. Semua smartphone premium saat ini seperti Galaxy S4 dan HTC One telah mengadopsi Bluetooth 4.0, sedangkan Nokia yang baru saja mengumumkan Lumia 1020, yang  nyatanya masih menggunakan Bluetooth 3.0.

Nokia juga menawarkan berbagai aksesoris baru untuk terhubung dengan Bluetooth 4.0, meski tidak jelas aksesoris apa dan kapan tepatnya akan dirilis.

Selain Bluetooth 4.0, update Nokia Amber juga turut menghadirkan fitur lain yang tidak kalah seru seperti dukungan Radio FM, Double-tap to wake, Sleeping Screen, Flip to Silent, Data Sense, Aplikasi Nokia Smart Cam, dan berbagai fitur lainnya.

Update Amber akan mulai tersedia untuk para pengguna smartphone Lumia berbasis Windows Phone mulai bulan Agustus mendatang. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.theverge.com