29 March 2013 13:30
Keberuntungan seseorang tidak dipandang dari usianya, namun dari ide yang muncul menciptakan kreasi unik sehingga begitu menarik perhatian dunia. Begitulah yang terjadi pada seorang siswa asal London. Seorang bocah berumur 17 tahun bernama Nick D’Aloisio menjadi jutawan berkat menjual aplikasi Summly ke Yahoo seharga £18 juta (sekitar 230 miliar Rupiah). Summly merupakan aplikasi yang meringkas artikel berita menjadi beberapa kata. Nick membangun aplikasi tersebut ketika ia masih berusia 15 tahunRekam jejak pertama kali Nick berkecimpung di dunia aplikasi adalah membuat Trimit. Aplikasi ini kemudian menarik minat salah satu orang terkaya di Asia, Li Ka Shing, yang menawarkan investasi. Dengan dana sebesar US$300 ribu yang diberikan Li Ka Shing, ditambah sejumlah dana tambahan yang didapat dari para pendukung lain seperti aktor Ashton Kutcher dan Yoko Ono, Nick menghabiskannya untuk mengembangkan aplikasi andalannya itu di Stanford University bersama sejumlah ilmuwan.

Dengan dibelinya Summly oleh Yahoo, Nick berharap aplikasinya itu bisa mencapai lebih banyak penggemar mobile apps di luar. Nick sendiri, mulai beberapa pekan mendatang akan bekerja untuk Yahoo di London, sambil meneruskan sekolah di “luar jam kantor.” Meski uang miliar Rupiah tersebut baru bisa digunakannya setelah berumur 18 tahun, Nick telah menambah panjang daftar jutawan muda di dunia teknologi.

Selain Summli, Nick juga dikenal berkat aplikasi latihan jari dan pendeteksi jenis musik berdasarkan mood pengguna Facebook. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.theverge.com