Monday, June 17, 2019
Home News Nantinya, Smartphone Android dan Windows Phone Wajib Punya Fitur Kill Switch

Nantinya, Smartphone Android dan Windows Phone Wajib Punya Fitur Kill Switch

-

23 June 2014 09:30
Marak pencurian saat ini membuat semua orang ingin selalu mengamankan ponsel atau smartphone miliknya. Terlebih, pencurian data dan informasi tentu bisa menimpa siapa saja. Begitu banyaknya kasus pembobolan data dari ponsel yang hilang mampu menginspirasi Google dan Microsoft untuk melakukan strategi perlindungan ekstra kepada konsumen, melalui fitur ampuh bernama “Kill Switch.”

Kejaksaan Agung New York telah menandatangani perjanjian dengan Google dan Microsoft untuk menambahkan Kill Switch di perangkat Android dan Windows Phone. Kill Switch merupakan fitur anti maling yang mempunyai fasilitas menghancurkan diri dengan sangat mudah sehingga informasi tidak akan berpindah ke tangan orang lain. Fitur “pembunuh” ini bisa menon-aktifkan semua perangkat di dalam smartphone dengan menggunakan remote atau jarak jauh saat ponsel Anda tercuri. Jika sudah aktif, maka fitur Kill Switch bakal merusak semua data dan sistem secara otomatis. Keadaan ini kemudian dinamakan mode brick.

Pada saat mode brick, smartphone sudah dirusak baik software atau hardwarenya. Sehingga, ponsel yang telah dicuri itu tidak akan bisa berfungsi sama sekali. Tentu saja ini akan sangat penting bagi Anda yang menyimpan semua data penting di smartphone.

Kill Switch telah menjadi salah satu isu hangat yang kerap dibicarakan. Misalnya, di California, semula ide pengembangan kill switch sudah ditolak, tapi kemudian pada bulan Mei lalu, pemerintah setempat malah telah mengabulkan dan menyetujuinya. RUU menyatakan tiap ponsel baru yang dibeli di negara bagian California, makan harus dibekali dengan perangkat lunak kill switch.

Apple sudah memasukkan kill switch di smartphone kebanggaannya, iPhones. Kejaksaan Agung New York mencatat ada penurunan pencurian iPhone hingga 19% setelah fitur ini diberlakukan. Kill Switch sendiri adalah fitur anti maling yang idenya dicetuskan oleh Pantech, sebuah produsen smartphone dari Korea Selatan. Bahkan beberapa smartphone asal Korea Selatan sudah dibekali fitur Kill Switch ini sejak Februari 2013. Tentu saja fitur semacam ini sekarang sangat ditunggu oleh semua orang. (Choi)

 

Sumber : http://www.crainsnewyork.com/

Latest