23 January 2014 09:30
Brand Mozilla memang lebih dikenal sebagai pengembang browser web Firefox. Mozilla Firefox merupakan jenis peramban web paling populer dan banyak penggunanya di seluruh dunia. Tak hanya mengurusi bisnis mesin penjelajah saja, kini perusahaan juga berkecimpung dalam pengembangan platform Firefox OS, yang menjadi sistem operasi mobile pada beberapa smartphone murah.Mozilla telah menyatakan bahwa smartphone Firefox OS tidak akan meluncur di Amerika Serikat dalam waktu dekat. Alasannya, karena masih ingin fokus menggapai pasar berkembang. Di samping tersedia pada smartphone low-end, Mozilla pun diketahui tengah menciptakan Firefox OS untuk produk tablet.

Saat ini, perusahaan masih mengetes tablet prototipe tersebut, untuk melihat bagaimana platform baru bekerja dalam bentuk yang berbeda. Tablet prototipe Mozilla berbekal Firefox OS dipercayakan pada manufaktur Foxconn. Serupa tujuan BlackBerry menggandeng Foxconn, tablet Mozilla nantinya tidak berarti merupakan sebuah tablet high-end. Kemungkinannya, tablet ini masih perangkat low-end dan low-cost.

Salah seorang peneliti, Asa Dotler, berbagi spesifikasi dari tablet Firefox OS pertama tersebut. Spesifikasi tablet prototipe meliputi layar 10 inchi (1280 × 800 pixel), prosesor quadcore 1GHz, RAM 2GB, penyimpanan onboard 16GB, WiFi, Bluetooth, GPS, slot kartu microSD, port microUSB, dan baterai 7.000 mAh. Seperti tujuan perusahaan semula, tablet Firefox OS itu tentunya dipersiapkan untuk merambah pasar negara berkembang. Jadi, tidak adil bila kita membandingkannya dengan tablet iPad atau Samsung Galaxy Tab. (Choi)

 

Sumber : http://liliputing.com/