SHARE

23 April 2014 09:30
Microsoft dilaporkan sedang membuat kemajuan besar pada teknologi touchless, yang akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat pintar mereka tanpa benar-benar perlu menyentuhnya langsung. Microsoft mengklaim telah memiliki sejumlah prototipe aktif saat ini, termasuk sebuah gelang elektronik yang akan melacak gerakan jari pengguna dan kemudian menghantarkan input ke perangkat cerdas nirkabel.

Menurut laporan dari situs Patent Bolt (18/4/2014), fitur yang dipatenkan Microsoft tersebut menggambarkan sebuah perangkat yang akan menampilkan dua kamera – “visible light camera” dan “depth camera”. Saat dua fungsi tersebut dipadukan, maka akan memungkinkan perangkat untuk melacak pengguna atau jari mereka, untuk diterjemahkan ke dalam gerakan pada layar.

Lebih lanjut, Microsoft menjelaskan bahwa hampir semua jari atau gerakan multitouch dapat ditafsirkan tanpa keluar dari lingkup penemuan paten ini. “Multitouch” yang digunakan di sini untuk menggambarkan gerakan jari yang memanfaatkan lebih dari satu jari. Contoh gerakan multitouch tanpa sentuh layar termasuk gerakan tap, double-tap, menekan, gerakan scroll (gulir), gerakan pan (mendatar kiri ke kanan atau sebaliknya), gerakan flick (menjentik), gerakan tekan dua jari, gulir dua jari, gerakan mencubit, merentangkan, hingga gerakan memutar.

Kemampuan ini mungkin sedikit terdengar seperti Kinect (alat kontrol untuk konsol game Xbox 360), karena memanfaatkan natural user input (NUI). NUI dimaksudkan untuk menghilangkan hambatan mental dan fisik pengguna. Cara kerja kerja seperti itu juga mengingatkan kita pada film Minority Report, di mana karakter Tom Cruise dapat berinteraksi dengan komputer hanya dengan melakukan satu set gerakan, dibanding menyentuh layar secara langsung.

Paten tersebut sebenarnya sudah diajukan Microsoft pada tahun 2012 dan baru-baru ini diungkapkan oleh US Patent and Trademark Office. Meskipun tidak disebutkan oleh sumber tersebut akan digunakan dimana fitur-fitur baru tersebut, namun spekulasi yang beredar Microsoft akan membenamkannya pada piranti Windows Phone dan komputer Windows mendatang. (Choi)
selular17701069220140421161610
selular17701069220140421161610

Sumber : http://www.patentbolt.com/