Beranda News Layanan 4G-LTE XL Komersial Mulai Pertengahan Tahun 2015

Layanan 4G-LTE XL Komersial Mulai Pertengahan Tahun 2015

-

Jakarta, Selular.ID – Bertepatan dengan hari Sumpah pemuda dan ulang tahun XL yang ke-18, layanan XL real mobile 4G-LTE  mulai dilakukan ujicoba kepada masyarakat. Ujicoba ini dilakukan XL untuk mengetahui respon pengalaman dan kebutuhan pelanggan ketika memanfaatkan langsung teknologi 4G-LTE ini sebagai bahan informasi untuk menyediakan layanan LTE-4G XL secara komersial pertengahan tahun 2015.

Sudah ada 260 operator di 135 negara yang meluncurkan layanan LTE, bahkan seluruh negara dikawasan Asia tenggara sudah mengimplementasikan 4G-LTE dan memang dibutuhkan. “Sudah tidak ada keraguan lagi, Indonesia harus menggelar layanan 4G-LTE. Tinggal bagaimana caranya, dengan uji coba ini akan diketahui kebiasaan pelanggan 4G, teknologi yang akan diterapkan termasuk berapa banyak frekuensi yang digunakan, itu yang akan kita pelajari. Dengan bekal itu kita akan bangun dan siapkan jaringannya di seluruh Indonesia,” ujar Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi kepada Selular,ID ketika peluncuran promo layanan LTE-4G XL di Kota Kasablanca, Jakarta (28/10/2014).

Adapun nilai investasi yang disiapkan XL untuk menyelenggarakan layanan 4G-LTE komersil tahun depan sekitar Rp7 triliun yang merupakan keseluruhan investasi XL di tahun tersebut. “Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, kita bisa prediksi bahwa pelanggan layanan 2G akan menurun jadi kita bisa alokasikan dana dari 2G untuk mengembangkan layanan 4G-LTE. Untuk sumber dana kita akan lihat, jika memang dibutuhkan dana tambahan kita akan ke pasar lagi untuk mendapatkan pinjaman, namun jika cukup kita akan gunakan dana internal sendiri,” kata Hasnul.

Pria yang sudah puluhan tahun malang melintang di industri telekomunikasi ini menambahkan bahwa uji coba layanan LTE-4G XL kali ini menggunakan alokasi spektrum 15 Mhz di jaringan 1800Mhz. Namun sejatinya untuk layanan 3G bisa menggunakan frekuensi 700/900/1800/2300 Mhz. Yang paling ideal berada dikisaran 700 Mhz karena penetrasi dan peluangnya bagus, namun jaringan 1800 Mhz juga memiliki potensi yang besar karena smartphone yang beredar sudah banyak mendukung jaringan ini. Hasnul berharap dengan ujicoba yang dilakukan XL ini akan memicu operator lain untuk melakukan hal yang sama, karena Indonesia sudah tertinggal dengan negara-negara lain sudah saatnya kita mulai mencanangkan Broadband Indonesia.

Saat ini XL sudah mengajukan proposal penyelenggaraan layanan 4G-LTE komersial sesuai dengan permintaan pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo. Kalo dilihat secara umum, XL sudah siap menyelenggarakan layanan 4G-LTE bahkan tanpa harus menunggu selesainya tata kelola frekuensi yang sedang dilakukan pemerintah. “Kalo harus menunggu tata kelola frekuensi terlalu lama, harapan kami paling lambat Q3 tahun depan setelah pertengahan tahun 2015 sudah bisa kita jalankan komersial XL,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai target penambahan pelanggan XL dari implementasi layanan 4G-LTE, Hasnul memperkirakan tidak akan terjadi penambahan jumlah pelanggan yang signifikan. “Pengguna layanan data 4G itu bukan pelanggan baru, melainkan pelanggan 3G XL yang sudah ada berpindah ke 4G-LTE untuk menikmati layanan data internet yang lebih cepat, jadi penambahan pelanggan data baru sepertinya tidak banyak.” Ujarnya. Pelanggan layanan data internet XL saat ini mencapai 32 jutaan atau 51% dari total pelanggan XL yang berjumlah sekitar 62,9 juta. (deni sukma)

 

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait