Sunday, April 21, 2019
Home News Laba Operasional Samsung di Q2 2014 Mengecewakan

Laba Operasional Samsung di Q2 2014 Mengecewakan

-

27 June 2014 11:00
Kerap mendulang untung di laporan keuangan per kuartal, tak berarti perjalanan Samsung di bisnis perangkat genggam terus-menerus mulus. CFO Samsung, Lee Sang Hoon, mengakui keuangan kuartal kedua perusahaan saat ini dinilai tidak baik. Proyeksi laba Samsung di Q2 2014 tercatat US$8.4 triliun. Padahal, vendor kebanggaan Korea Selatan itu sudah mengantongi US$10,2 triliun di Q3 2013.Laporan menunjukkan lemahnya penjualan smartphone menjadi penyebab utama. Berdasarkan keterangan dari seorang analis dari KDB Investment & Securities, “Alasan utama di balik perkiraan pendapatan menurun sebagian besar berasal dari penjualan smartphone yang lemah. Penguatan daya saing pemain lokal di pasar negara berkembang menyakiti penjualan smartphone low-end Samsung.”

Menurut lansiran Yonhap News Agency (23/6/2014), penjualan smartphone Samsung menyusut dari 89 juta unit menjadi 79 juta unit. Ada kemerosotan hingga 10 persen dari kuartal sebelumnya. Perkiraannya, sektor ini membukukan pendapatan yang lamban di tengah meningkatnya persaingan dengan rival global. Tak ayal, penurunan ini disebabkan penjualan Apple iPhone yang meningkat, bersamaan dengan merebaknya smartphone murah besutan produsen Cina yang sukses memangkas pangsa pasar Samsung.

“Sementara pemain Cina menggelontorkan perangkat low-end ke pasar, Samsung malah mengalami kesulitan membedakan diri dari pesaing,” kata Hwang Min-sung, seorang analis di Samsung Securities Co.

Guna meredam potensi penurunan pendapatan yang kian melebar, Samsung berencana mengangkat penjualan mereka dari chip memori dan televisi high-end. Tak mau hanya bergantung dari divisi bisnis mobile saja. (Choi)

 

Sumber : http://english.yonhapnews.co.kr/

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest