8 July 2013 14:30
Bandung – Aplikasi adalah kunci. Kalimat ini rasanya pas menggambarkan bagaimana vendor smartphone berupaya menggaet animo pasar. Seperti dilakukan BlackBerry yang menggelar BlackBerry Jam Camp pada 4-5 Juli lalu di Bandung Jawa Barat. Program ini melibatkan sekitar 200-an pelajar dengan usia minimal 16 tahun yang berasal dari Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Malang, dan Padang. Mereka diajari untuk membangun aplikasi di platform BlackBerry, coding, hingga mock-up aplikasi. Sebagai program global, BlackBerry Jam Camp perdana dilakukan di Indonesia, menyusul kemudian di Spanyol dan Kanada.
Acara ini bekerja sama dengan Pusat Inovasi BlackBerry di ITB (Institut Teknologi Bandung) dan menampilkan sejumlah pembicara seperti Ibnu Maksum, yang dikenal aktif dalam pengembangan aplikasi BlackBerry serta pembicara lain. “Program ini merupakan awal dari sebuah perjalanan seumur hidup bagi seorang pengusaha Indonesia, desainer, atau pengembang yang masih muda ” kata Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia. Harapan lainnya, lanjut Maspiyono, ini bisa menginspirasi pengembang muda lokal yang akses karyanya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia. Setiap finalis akan memperoleh kesempatan untuk menunjukkan aplikasi yang mereka buat kepada sebuah panel juri.
Pelajar yang menang akan mewakili Indonesia pada BlackBerry Jam Asia yang berlangsung di Hongkong pada September 2013.  Pelajar yang ikut program ini  mendapatkan kesempatan untuk memperluas fokus pada inovasi dan kewirausahaan. Dengan fokus pada pengembangan platform baru BlackBerry 10,  para pengembang muda ini mendapat bantuan pengembangan selama 8 minggu dan wajib menyerahkan atau mendaftarkan aplikasi terhitung 8 minggu sejak 5 Juli 2013.
Bagi aplikasi yang berhasil dan disahkan oleh BlackBerry dan mulai dipasarkan di BlackBerry World 10 minggu setelah Jam Camp, maka pelajar tersebut akan menerima handset BlackBerry 10 pilihan mereka, apakah Z10 atau Q10. “Program ini bentuk apresiasi dan komitmen kami dalam mendukung konten ekonomi lokal. Tuan rumah pertama kali BlackBerry Jam Camp ini salah satu buktinya, “ tambah Maspiyono. (Lukman Aribowo)

 

Sumber : www.selular.co.id (8/7/2013)