22 June 2014 10:00
Sehabis Xperia T3, kali ini Sony punya smartphone lain yang juga patut ditonjolkan bernama Xperia Z2a. Ada yang menyebut bahwa Xperia Z2a ini tak lain merupakan versi internasional dari Xperia ZL2. Namun beberapa juga menafsirkan bahwa ini adalah varian dari Xperia Z2 compact. Apa pun julukannya, ada baiknya kita telusuri spesifikasi utuh dari smartphone yang sudah dirilis resmi di Taiwan.

Saat “dibedah,” Sony Xperia Z2a memiliki spesifikasi yang benar-benar identik dengan Sony Xperia ZL2 -smartphone Xperia yang hanya khusus tersedia di pasar Jepang. Bedanya, Xperia ZL2 membawa penyimpanan internal sebesar 32GB, sementara Xperia Z2a hanya dibekali ruang setengahnya. Yakni, 16GB saja.

Secara garis besar, Xperia Z2a bisa dibilang merupakan versi yang compact dari unggulan Xperia Z2, dengan layar 0,2 inchi lebih kecil. Meksi back cover terbuat dari material plastik, namun smartphone ini tetap mampu bertahan dari air dan debu berkat sertifikasi IP55 dan IP58. Xperia Z2a hadir dengan layar sentuh 5 inchi 1080p dengan teknologi IPS. Spesifikasi laya ini tentunya sangat baik. Apalagi bila sedang dipakai untuk menonton video berkualitas HD.

Chipset yang digunakan pada Xperia Z2a adalah Snapdragon 801 MSM8974AB. Chipset yang sama juga dengan milik Sony Xperia Z2. Chipset kelas atas ini didukung oleh prosesor Quad-core 2.3GHz, GPU Adreno 303, dan RAM 3GB. Xperia Z2a sudah berjalan pada Android KitKat.

Seri Xperia selalu dikenal sebagai produk yang memiliki kamera terbaik. Terutama untuk ponsel Sony kelas premium. Layaknya Xperia Z2, Sony lagi-lagi mempercayakan sensor 20.7MP lengkap dengan dukungan fitur Auto focus, lensa Sony Cybershot G, dan sensor 1/2 3″ Exmor RS. Urusan konektivitas, Xperia Z2a dijejali beragam fasilitas termasuk WiFi, Bluetooth, USB 2.0, dan jaringan 4G LTE. Selebihnya, smartphone disokong oleh kekuatan baterai 3000mAh.

Baru bulan depan bakal dijual di Taiwan, ketersediaan Xperia Z2a mungkin akan terbatas hanya untuk pasar Asia saja. Mudah-mudahan, Indonesia termasuk di salah satunya. (Choi)

 

Sumber : http://gadgets.ndtv.com/