15 April 2013 13:00
Menurut beberapa sumber, Nokia tengah mencoba beragam cara agar bisa memasuki pasar tablet beberapa tahun terakhir ini. Namun Nokia masih mencari formula yang tepat (diferensiasi) dalam melakukannya, menghindari sekadar mengeluarkan perangkat cantik berlayar lebar. Sejauh ini, Nokia kurang cemerlang dalam penjualan smartphone Lumia dan konsumen tetap menantikan tablet perdana Lumia.

Kini kita memiliki secuil informasi dari upaya pertama Nokia untuk melakukan ‘sesuatu yang berbeda’ di kancah tablet. Muncul dalam bentuk permohonan paten yang diberi nama “Apparatus Cover with Keyboard”, menggambarkan keyboard mekanik / penutup terintegrasi ke perangkat tablet. Penutup dapat dilipat dalam berbagai cara, berdasarkan kebutuhan pengguna di waktu berbeda.

Permohonan paten tersebut diajukan pada Oktober 2011, lebih dari setengah tahun setelah Nokia meninggalkan upayanya terhadap Meego. Jadi mungkin tablet ini bukanlah perangkat Windows RT. Sejauh mata awam memandang, beragam cara melipat penutup yang digambarkan dalam paten, malah terlihat rumit untuk orang yang menginginkan kesederhanaan.

selular34236251220130412191153 selular43235774320130412191153
Mungkin inilah yang Nokia kerjakan jauh sebelum kita mendengar Microsoft Surface. Vendor ponsel asal Finlandia itu memiliki beberapa ide menarik di sini dan mereka masih memiliki tenggat waktu 18 bulan lagi untuk menjadikannya nyata. Sepertinya Nokia tidak akan berhenti mengembangkan tablet. Jika mereka merilis varian Lumia Windows Phone tahun ini, berarti tablet Lumia segera menyusul setelahnya.

Nokia juga pasti sudah mengajukan permohonan paten untuk desain berbagai tablet / ide miliknya itu. Segera semua pengajuan dari tahun 2011 itu akan diumumkan dalam berbagai database IP seluruh dunia. Dan kita hanya perlu menunggu untuk melihat karya ciptaan Nokia. (Khoirunnisa)

Sumber : http://www.unwiredview.com (11/4/2013)