6 June 2012 19:00
Para peneliti di Universitas Carlos III di Madrid (UC3M), Spanyol, telah mengembangkan sepasang kacamata “cerdas” yang memungkinkan pengguna tuna netra bisa terbantu saat berinteraksi dengan sekitar. Kacamata ini terlihat kokoh dengan style ala Terminator.

Dikutip SELULAR online dari www.uc3m.es (28/5/2012), pada Goggle (kacamata) ini tersemat sepasang kamera stereoskopik yang terpasang pada headset virtual reality. Kamera ini terhubung ke dua layar digital pada lensa depan mata pemakai. Selain itu, terdapat pula scanner untuk menampilkan informasi  tentang objek disekitar kepada pemakainya secara overlay dengan kode warna siluet.

Cara kerjanya, kamera akan memindai setiap gerakan ke headset, lalu mengubahnya menjadi kode digital dan kemudian feed ini bakal terintegrasi ke sistem komputer kecil yang terpisah. Komputer kemudian menjalankan algoritma sehingga bisa terukur jarak dan terlihat objek disekeliling. Perangkat ini termasuk ultrasonik, yakni mengandalkan pendengaran dan sentuhan untuk berkomunikasi.

Walaupun masih berbentuk prototipe, tapi tim dari Universitas Carlos III yakin alat ini bisa segera direalisasikan untuk diproduksi secara massal. Profesor Ricardo Vergaz dari Departemen Teknologi Elektronik UC3M berujar “Saat ini, pengujian sedang berlangsung pada pasien yang cocok untuk menggunakan perangkat, dan hasil yang diharapkan akan keluar pada akhir 2012”. Hasil ini akan digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja dari kacamata “cerdas” tersebut. Tim dari Madrid itu juga tengah berkonsentrasi merancang kacamata itu agar praktis dan nyaman bagi pengguna. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.uc3m.es