27 March 2013 13:00
Masih banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sebuah smartphone hari ini. Beberapa insinyur di Google telah rampung dalam mengembangkan sistem open source yang memungkinkan pengguna menyiram rumput di halaman rumah dari smartphone mereka. Pada dasarnya sistem ini bisa mengontrol sistem irigasi rumah secara nirkabel dari perangkat mobile. Proyek ini disebut Irrduino, dikembangkan oleh teknisi Google, JJ Barrons dan Joe Fernandez.

Sistem ini tercipta menggunakan sejumlah platform teknologi. Mereka adalah Android, Ardiuno, Python, Dart dan Google App Engine. Sistem ini menggunakan sebuah mikrokontroler Arduino yang memungkinkan pengguna mengendalikan zona irigasi di rumah dari jarak jauh. Komunikasi akan berlangsung dengan syarat koneksi Ethernet dan html standar. Hal ini berarti bahwa sistem irigasi rumah bisa dikendalikan dari mana saja di dunia. Singkatnya, seseorang bisa mengairi rumput dari mana saja ia berada. Yang dibutuhkan adalah sebuah browser web dan internet.

Kode sumber sudah tersedia untuk umum. Anda bisa menciptakan Irrduino sendiri melalui Google Code . Di dalamnya termasuk IrrduinoController, IrrduinoDroid, IrrduinoServer, dan game Irrduino. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.treehugger.com (25/3/2013)