28 August 2013 09:30
Dalam rangka membangun inisiasi global berasaskan kemanusiaan, tujuh perusahaan teknologi bergabung dalam konsorsium pengadaan akses internet bagi masyarakat dunia. Tujuh perusahaan dunia yang dimaksud antara lain Facebook, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm dan Samsung.

Kemitraan global ini meluncurkan program bernama Internet.org. Tujuan utamanya, bakal menyediakan akses intenet bagi daerah yang belum terkoneksi di seluruh dunia, dengan biaya yang lebih terjangkau. Organisasi Internet.org diharapkan bakal mencakup dua pertiga bagian populasi dunia yang sama sekali belum terkoneksi internet, biasanya masih menghantui di negara berkembang. Internet.org membuat akses koneksi mobile lebih murah termasuk biaya akses data, dan smartphone berkualitas tinggi merupakan salah satu kunci sarana untuk mencapai tujuan tersebut.

Sebuah kutipan dari laporan United Nations Human Rights Council muncul di website menggambarkan tujuan kelompok, “Internet meningkatkan pembangunan ekonomi, sosial dan politik, dan memberikan kontribusi untuk kemajuan umat manusia secara keseluruhan.”

Lalu, landasan yang kedua adalah menghadirkan penggunaan data yang lebih efisien. Di sektor ini, Opera memainkan perannya. Nantinya, ada tool yang bisa mengurangi penggunaan data atas akses pada aplikasi serta penggunaan internet atau biasa dikenal sebagai kompresi data. Mungkin saja, organisasi tersebut turut melakukan perbaikan infrastruktur.

Terakhir, tujuan yang tidak kalah penting adalah memberikan akses bisnis, untuk mendukung akses internet yang lebih mudah. Internet.org akan menguji model baru yang menyelaraskan insentif bagi operator seluler, produsen perangkat, developer, dan usaha lain untuk menyediakan akses yang lebih terjangkau daripada sebelumnya. Dengan kata lain, akan imbalan finansial bagi bisnis kecil maupun besar, untuk menyediakan akses internet yang murah di tempat-tempat yang membutuhkannya.

Situs resmi perusahaan telah aktif. Disitu ada audio dari pidato John F. Kennedy  tahun 1963, menjelaskan visinya untuk perdamaian dunia. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : news.cnet.com