30 April 2013 17:30
Menurut rumor yang beredar, tanggal rilis iPhone 5S tinggal sebentar lagi. Mayoritas mereka mengklaim kalau smartphone dengan tenaga iOS generasi baru itu akan terlihat pada musim panas tahun ini. Meski kita tidak akan melihat debutnya pada ajang Worldwide Developers Conference 2013 (perhelatan tahunan Apple) yang akan berlangsung pada 10 Juni mendatang, situs iOSDoc memiliki informasi lanjutan mengenai smartphone andalan raksasa komputer yang bermarkas di Cupertino itu.Sebagian besar pemberitaan teknologi menyebutkan kalau iPhone 5S akan muncul dengan kamera utama yang ditingkatkan yakni menyematkan sensor 12 Mpix. Redaksi situs iOSDoc berhasil menghubungi seorang insinyur software Apple yang bekerja dalam tim yang bertanggung jawab pada aspek kamera dari perangkat bertenaga iOS baru (belum disebutkan resmi nama iOS 7). Insinyur perangkat lunak tersebut mengkonfirmasi bahwa iPhone 5S akan datang dengan sensor kamera depan yang ditingkatkan, yakni 2 Mpix, dibandingkan 1,3 Mpix pada model sebelumnya.Jika kabar itu belum cukup baik untuk Anda, bagaimana dengan fakta bahwa kamera depan iPhone 5S juga akan memiliki kemampuan merekam video full HD. Serta iOS baru akan bisa menangkap foto dengan kamera depan-dan-belakang secara bersamaan. Jadi Anda bisa mengambil foto objek yang ada di depan mata, serta pada saat yang sama memotret diri sendiri. Pemotretan dua arah ini juga berlaku ketika merekam video.

Insinyur software tersebut menambahkan bahwa fitur Dual-Shot pada kamera iPhone 5S masih dalam proses pengujian dan tidak akan diintegrasikan ke dalam iOS 7 kecuali tim berniat mengeluarkan versi beta kelak. Jika hal itu tidak terjadi pada pengumuman iOS 7 di WWDC 2013, maka Dual-Shot akan menjadi salah satu fitur utama pada iOS 7.1.

Dia juga mengatakan bahwa fitur Dual-Shot hanya akan tersedia di iPhone 5S, serupa dengan fitur Panorama yang tersedia secara eksklusif untuk iPhone 5 saja. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan Dual-Shot pada handphone, maka Anda harus meng-upgradenya ke iPhone 5S. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.iosdoc.com (29/4/2013)