21 February 2014 15:00

Beberapa hari lalu, Samsung Amerika Serikat mengeluarkan rilisan resmi mengenai daftar perangkat yang beredar di pasarnya, untuk menerima update sistem operasi Android 4.4 KitKat. Kali ini, blogger Polandia, Robert Nawrowski (20/2/2014), ikutan menunjukkan list serupa terkait perangkat genggam Samsung versi global. Berikut cantuman belasan handset premium yang beruntung bakal mencicipi fitur-fitur keren kepunyaan KitKat:

Samsung Galaxy Note 3
Samsung Galaxy S4
Samsung Galaxy S4 Active
Samsung Galaxy S4 Mini
Samsung Galaxy S4 Zoom
Samsung Galaxy Note II
Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)
Samsung Galaxy Note 10.1
Samsung Galaxy Note 8.0
Samsung Galaxy Tab 3 8.0
Samsung Galaxy Tab 3 7.0
Samsung Galaxy Tab 3 10.1
Samsung Galaxy Mega 6.3
Samsung Galaxy Mega 5.8
Samsung Galaxy Grand
Samsung Galaxy Express 2

Sangat disayangkan, Samsung Galaxy S III versi internasional tidak termasuk dalam daftar perangkat yang menerima pembaruan kelak. Kabarnya, didasari alasan bahwa kapasitas RAM Galaxy S III i9300 hanya terbatas 1GB saja. Padahal, Galaxy Grand yang dipastikan menerima update KitKat juga memiliki ruang RAM yang sama. Apalagi, Google pernah mengatakan keunggulan versi KitKat dibanding Jelly Bean adalah mampu dioptimalkan untuk perangkat dengan kapasitas memori rendah 512MB, berkat pemakaiannya yang lebih efisien.

Berdasarkan informasi dari seorang insinyur Samsung sebelumnya yang mengatakan, update sistem operasi Android 4.4 KitKat untuk Samsung Galaxy SIII akan segera hadir setelah update Galaxy S4, yakni pada akhir kuartal pertama tahun 2014 ini, atau tepatnya pada Maret. Namun, bila meleset pastinya membuat para pengguna smartphone flagship yang meluncur tahun 2012 lalu kecewa. Pasalnya, update Android 4.4 KitKat tak hanya membawa fitur baru sistem operasi tersebut, tetapi juga hadir dengan antarmuka yang baru.

Layaknya Galaxy Note II, smartphone Samsung Galaxy SIII pun sudah termasuk produk lawas. Meski begitu, produk Samsung tersebut masih mengusung spesifikasi yang cukup gahar. (Choi)

Sumber : http://www.robertnawrowski.com/