27 March 2014 16:00
Sudah cukup lama layanan lokasi Instagram didukung database Foursquare yang berlimpah. Dan itu sepertinya akan berubah di masa mendatang. Menurut sebuah laporan terbaru, Instagram bisa saja tengah menguji integrasi Facebook Places sebagai pengganti Foursquare. Jika memang benar, tidak terlalu mengejutkan siapa pun, mengingat raksasa jejaring sosial tersebut memang pemilik media berbagi foto Instagram.
Seperti yang diketahui bersama, database venue Foursquare sebenarnya sangat kaya. Apalagi, mereka secara teratur memperbaruinya melalui 45 juta penggunanya, dengan jumlah check- in yang tak terhitung. Hingga kini pun, banyak layanan yang menggunakan API Foursquare untuk memasuki database-nya, layanan seperti Vine, Flickr, Path dan bahkan Pinterest. Bahkan layanan mobil Uber bergantung pada data Foursquare untuk memberi tahu pengguna bagaimana menemukan lokasi pickup yang tepat.
Mulai pekan lalu, beberapa pengguna Instagram menyadari bahwa aplikasi telah menggunakan Facebook Places untuk menarik data lokasi, bukan lagi pakai Foursquare. Seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada Fast Company (25/3), bahwa mereka terus-menerus menguji pengalaman seluruh aplikasi untuk memastikan bahwa mereka menyediakan “pengalaman yang terbaik untuk pengguna sebagai bagian dari perencanaan masa depan.” Juru bicara tersebut juga menambahkan bahwa “Foursquare adalah mitra besar,” tapi tidak mengatakan secara eksplisit jika layanan itu tidak akan digantikan oleh Facebook Places.
Bahkan jika Foursquare kemudian benar diganti, pengguna Instagram tetap bisa berbagi check-in dalam aplikasi, sama seperti kemampuan berbagi foto dengan Twitter, Tumblr dan Facebook. (Nis)

 

Sumber : http://www.fastcompany.com/ (25/3/2014)