21 April 2014 17:30
Kendati bukan pionir dalam penciptaan tablet, tapi tak bisa dipungkiri kalau Apple-lah yang merevolusi cara kita menggunakan tablet dan menjadikannya sebagai salah satu perangkat yang sangat populer. Sekarang Nokia memiliki tablet mereka sendiri yang berjuluk Lumia 2520, tapi ternyata itu bukanlah upaya tablet pertama dan satu-satunya dari perusahaan asal Finlandia.

Dari sebuah wawancara stasiun televisi Finlandia ISTV bersama Esko Yliruusi, mengungkap sebuah prototipe perangkat yang dikembangkan Nokia pada dekade lalu. Yliruusi adalah seorang ahli komunikasi data yang bekerja di Nokia sejak tahun 1996 sampai 2001, yang membantu mengembangkan tablet yang terlihat dalam foto di atas.

Ditinjau dari gambar tersebut, sepertinya tablet yang coba digarap Nokia saat itu sangat berbeda dari tablet yang kita lihat sekarang. Contohnya tata letak aneka tombol pada tablet yang mengingatkan kita pada perangkat Nokia N-Gage. Tablet juga menyuguhkan kickstand yang serupa dengan tablet Microsoft Surface tapi dalam bodi yang jauh lebih tebal dibandingkan dengan perangkat yang kita lihat hari ini.

Yliruusi juga memaparkan bahwa layar pada tablet hanya menampilkan satu warna alias monokrom, berbeda dari hari ini yang sangat memanjakan konsumen dengan ragam pilihan.

Kami tidak tahu bagaimana hasil dan respon yang akan diterima Nokia jika perangkat tersebut benar-benar dirilis ke pasar. Apakah menurut Anda perangkat itu akan merevolusi industri pada tahun 2001? (Nis)

Sumber : http://bgr.com/ (15/4/2014)