13 August 2013 10:00

Kita sudah banyak disuguhkan aneka smartphone selama bertahun-tahun, dengan pemain utama dalam arena sistem operasi mobile antara lain Android, iOS, Windows Phone 8, BlackBerry OS dan yang masih muda Firefox OS.

Lalu apakah masih ada ruang untuk OS mobile satu lagi? Jawabannya bisa jadi karena saat ini Ubuntu sedang mengatur strategi smartphone baru yang datang dalam bentuk Ubuntu Edge. Handphone ini ditargetkan untuk tiba di pasar massal Mei mendatang, yang akan dijual seharga $830 atau sekitar Rp8,3 juta.

Guna merealisasikan Ubuntu Edge menjadi kenyataan tentu saja dibutuhkan banyak dana, maka dari itu sekarang Ubuntu Edge membuat Indiegogo Project. Ubuntu membutuhkan dana total sebesar $32 juta dan mereka hanya memiliki waktu satu bulan untuk mengumpulkannya dari para calon pembeli.

Sekadar menyegarkan ingatan para calon konsumen, hingga saat ini spesifikasi tentatif smartphone Ubuntu mencakup CPU quad-core, RAM 4GB, memori internal 128GB, layar 4,5 inci dengan resolusi 1.280×720 pixels, kamera belakang 8Mpix dan kamera 2 Mpix di depan, konektivitas LTE, dual-band WiFi, Bluetooth 4.0 dan dukungan NFC.

Pendiri perusahaan Mark Shuttleworth mengklaim bahwa strategi Indiegogo bukan dimaksudkan untuk mengikuti jejak operator seluler lainnya. Jika Anda merasa yakin akan membeli perangkat ini, yang perlu Anda lakukan adalah membayarkan jaminan sebesar $600 melalui situs ini. (Nis)

 

Sumber : http://www.indiegogo.com (22/7/2013)