4 June 2012 14:30
Google menuduh Microsoft dan Nokia telah bersekongkol untuk menggunakan kepemilikan paten mereka terhadap vendor smartphone lainnya, seperti produsen handset Android. Google mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Nokia dan Microsoft berkolusi untuk menaikkan biaya perangkat mobile bagi konsumen dan merusak komitmen antara pihak-pihak yang bersangkutan ” Google mengajukan tuntutan tersebut pada komisi Eropa.

Gugatan tersebut bisa dirunut pada keputusan Nokia menjual sekitar 2.000 paten kepada perusahaan holding paten, Mosaid pada bulan september tahun lalu. Sekitar 1.200 paten dan aplikasi tersebut dinyatakan penting untuk jaringan mobile. Kini vendor harus membayar lebih pada Mosaid dengan pengecualian Nokia.

Nokia menapik tuduhan kolusi dan menjelaskan ketika menjual paten ke perusahaan lain, persyaratan yang meliputi standar penting akan lisensi paten tetap tidak terpengaruh. Mereka bahkan menuduh balik Google dengan mengatakan bahwasannya Google-lah yang banyak melanggar hak paten berbagai perusahaan. (Deni Taufiq)

 

Sumber : mynokiablog.com (1/6/2012)