30 March 2013 10:00
Google memberikan update terbaru Google Translate untuk perangkat Android. Pembaruan ini menawarkan mode offline yang memuat hingga lima puluh bahasa untuk diterjemahkan satu sama lain sehingga pengguna tidak lagi perlu repot saat membutuhkan terjemahan bahasa dalam keadaan tidak tersedianya akses internet.Aplikasi gratis ini menawarkan paket bahasa offline untuk bahasa seperti Perancis, Spanyol, Arab dan Cina. Pengguna harus memilih bahasa yang mereka ingin unduh ke perangkat. Untuk menghemat kapasitas memori internal pada smartphone, aplikasi dirancang tidak secara otomatis melakukan dowload bahasa. Cukup pilih [Offline languages] dalam menu aplikasi, dan mengecek semua paket bahasa yang tersedia untuk di-download. Anda hanya perlu mengunduh paket bahasa antara dua bahasa yang ingin saling diterjemahkan.
 selular15736251820130328143032
Selanjutnya, versi baru Google Translate akan menerjemahkan kata atau frase antara dua bahasa yang telah diinstal tersebut, meski tidak terhubung dengan jaringan internet.Pengguna dapat memilih untuk mengetik frase, mendikte frase, atau mengambil foto dari frase yang mereka ingin terjemahkan. Ini tentu sangat membantu bagi pengguna yang berada di luar negeri di mana tidak mengenali bahasa setempat dengan cukup baik. Meski begitu, Google masih mengakui fitur baru ini mungkin “kurang komprehensif dari versi online mereka.”Google juga menawarkan aplikasi Translate untuk iOS, tapi tidak jelas kapan versi ini akan mendapatkan modus offline seperti di Android. (Choiru Rizkia)

Sementara modus offline jelas fitur utama dalam versi baru ini, patut diketahui aplikasi sekarang juga memungkinkan Anda untuk menerjemahkan teks vertikal dalam bahasa Cina, Jepang dan Korea dengan kamera built-in di smartphone. Google memang menyematkan fitur untuk menggunakan input kamera dalam menerjemahkan teks sejak Agustus tahun lalu dan menambahkan dukungan dasar untuk menerjemahkan tulisan Cina, Jepang, dan Korea ini pada Desember 2012 lalu. Kini, Anda bisa menerjemahkan kata-kata dalam tulisan Kanji, Hiragana, serta Katagana.

 

Sumber : www.engadget.com