16 June 2014 09:30
Pada bulan Februari tahun ini, Mozilla pernah mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Spreadtrum, produsen chip yang berbasis di Cina, untuk mengembangkan smartphone berplatform Firefox yang harganya di bawah $25 (Rp300.000). Mungkin tidak banyak pasar untuk perangkat seharga ini di negara-negara Barat, tetapi di belahan dunia lain seperti Indonesia dan India, smartphone murah bisa disambut hangat. Sekarang, Mozilla mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan dua produsen ponsel lokal di India untuk membawa smartphone Firefox OS super terjangkau mereka ke negara-negara berkembang.Perangkat yang dikembangkan bersama Intex dan Spice, dijadwalkan mendarat ke pasar dalam beberapa bulan mendatang. Mereka jelas menumbangkan smartphone murah lainnya, dalam soal harga, yang sudah lebih dulu menyapa konsumen Indonesia seperti Moto G, Nokia X, dan BlackBerry Z3 untuk bersaing menikmati potongan kue di pasar negara berkembang yang terbukti masih menguntungkan.

Smartphone murah Firefox OS akan memberi kesempatan bagi produsen lokal tadi untuk menancapkan kukunya di kompetisi global dengan menawarkan pilihan yang jauh lebih murah untuk meng-upgrade ponsel pengguna dari feature phone ke smartphone. Khususnya India, perangkat ini tentu akan menjangkau pasar massal.

Sementara ini baru pihak Mozilla sendiri yang mendefinisikan kategori smartphone berbiaya-ultra-rendah dalam kisaran $25, namun baik Intex dan Spice belum mengkonfirmasi berapa persisnya harga smartphone Firefox besutan mereka kelak. Namun para petinggi mempunyai harapan tinggi mereka pada platform baru ini dan percaya bahwa mereka mungkin bisa membuat gelombang baru di pasar. (Nis)

 

Sumber : http://www.ubergizmo.com (11/6/2014)