Wednesday, May 22, 2019
Home News FireChat, Aplikasi Chat Tanpa WiFi atau Jaringan Selular

FireChat, Aplikasi Chat Tanpa WiFi atau Jaringan Selular

-

25 March 2014 09:30
Dekade silam sebuah ponsel menjadi sia-sia tanpa kehadiran jangkauan selular. Tidak ada moda komunikasi alternatif, sehingga satu-satunya manfaat ponsel hanya sebagai pemutar media atau pengganti kamera. Hal tersebut berubah drastis selama dekade terakhir. Melalui internet, pemilik ponsel juga bisa membuat panggilan video dan suara, ditambah lagi mengirim pesan instan dan email. Komunikasi bergerak tidak lagi semata-mata bergantung pada jaringan selular. Tetapi bagaimana jika Anda berada dalam suatu kawasan tanpa cakupan seluler dan tidak ada internet?

Situasi tersebut kerap terjadi di pelosok nusantara. Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, masih ada cara lain untuk tetap berhubungan, kendati hanya dengan orang-orang di sekitar Anda berada. Sebuah aplikasi bernama FireChat memanfaatkan teknologi Multipeer Connectivity Framework yang ada di iOS 7 untuk mengaktifkan fitur offline chatting. Melalui aplikasi tersebut, selain bisa berkirim pesan instan, pengguna juga dapat berbagi foto dan berpartisipasi dalam obrolan kelompok. Layanan ini tidak akan berdampak besar pada konsumsi baterai dan tidak ada password atau login yang diperlukan.

Selain di pelosok, kasus penggunaan FireChat paling mungkin terjadi di pesisir pantai atau di kereta bawah tanah, bahkan mungkin di laga pertandingan bergengsi atau pameran dagang besar, suatu area di mana konektivitas sering bermasalah. FireChat untuk iOS sudah tersedia untuk diunduh gratis dari App Store. Obrolan offline antar pengguna iOS ini bekerja paling baik bila penerima berada dalam radius 10 meter dari lokasi Anda.

Semoga kelak pengembang juga menggarap aplikasi serupa di platform lain seperti Android, BlackBerry, dan Windows Phone. (Nis)

 

Sumber : https://itunes.apple.com/ (20/3/2014)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest