26 July 2013 16:30
Tidak ada yang menyangkal bila Facebook diberi gelar sebagai jaringan sosial terbesar di dunia. Sebab, perusahaan sudah menembus tonggak satu miliar pengguna. Selama pengumuman hasil fiskal kuartal, perusahaan mengungkapkan bahwa Facebook web kini memiliki rata-rata 699 juta pengguna harian (DAU) dari seluruh dunia. Pengguna aktif bulanan (MAU) pun sekarang berdiri di 1,15 miliar. Dikutip SELULAR online dari TechCrunch (24/7/2013), masing-masing jumlah pengguna aktif mengalami kenaikan 27 persen dan 21 persen.
Hasil gemilang turut dituai oleh Facebook mobile. Secara year-on-year, pengguna hariannya mencapai 819 juta (naik 51%), dan pengguna bulanannya terhitung sebanyak 469 juta. Pelanggan yang mengakses via perangkat bergerak terus meningkat dari 189 juta pada Q1 menjadi 219 juta pada akhir Juni. Pada bulan lalu, Facebook mendeteksi aktivitas 20 miliar menit per hari, atau 17.39 menit per hari per pengguna, atau 8.3 jam per pengguna per bulan.
Pencapaian besar pun tentu tidak berhenti hanya di jumlah pengguna, tapi juga pendapatan perusahaan. Hasil fiskal untuk kuartal kedua berakhir pada tanggal 30 Juni 2013 lalu. Facebook mengantongi total pendapatan sebesar US$1.81miliar, menumbangkan estimasi Wall Street. Dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, pendapatan perusahaan telah melonjak sebesar 53 persen. Pada Q2 2012, perusahaan melaporkan rugi bersih sebesar US$157juta. Sementara tahun ini telah membukukan laba bersih sebesar US$333juta.
Sebanyak 41 persen dari total pendapatan disumbangkan oleh pendapatan dari iklan mobile (US$1.60miliar). Sektor ini naik drastis 61 persen dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.
Layanan baru Video on Instagram pun mulai menampakkan perkembangan bisnis yang baik. Facebook mengakusisi Instagram senilai US$715juta, kini mampu menarik 5 juta video hanya dalam 24 jam pertama setelah dirilis, dan baru-baru ini telah memperoleh 130 juta pengguna. CEO Mark Zuckerberg mengatakan bahwa seluruh pencapaian tersebut bisa memberikan mereka “dasar yang kuat untuk masa depan.” (Choiru Rizkia)
Sumber : www.techcrunch.com