1 June 2012 18:00
Menurut laporan terbaru dari firma analis Strategy Analytics, Facebook menyimpan ancaman juga kesempatan besar bagi pihak operator jaringan. Dengan semakin menguatnya keberadaan Facebook di perangkat mobile, contohnya aplikasi Facebook Messaging, pihak operator bisa kehilangan pendapatan dari layanan SMS mereka. Untuk mengganti kerugian, operator harus membina hubungan baik dengan Facebook.

Nitesh Patel, Senior Analyst, Strategic Analytics mengatakan, “pada kenyataannya, kebiasaan pengguna komunikasi nirkabel semakin terfragmentasi akibat  jumlah layanan messaging naik dan kepemilikan smartphone tumbuh, memungkinkan akses mobile yang lebih besar untuk layanan tersebut. Tren ini tidak akan menghilang, operator seluler perlu mengadopsi pendekatan yang tidak bertabrakan dengan bisnis messaging utama mereka.”

Strategy Analitics mengatakan kerjasama dengan raksasa jejaring sosial tersebut akan mendorong perencanaan data broadband yang menguntungkan, target segmen pelanggan tertentu dan menciptakan peluang pendapatan baru.  (Deni Taufiq)

 

Sumber : http://www.strategyanalytics.com (30/5/2012)