27 June 2014 15:00
Microsoft baru saja menambahkan anggota baru ponsel Nokia berbasis Android. Ini merupakan smartphone perdana yang diluncurkan Nokia sejak divisi perangkat dan layanannya diakuisisi oleh raksasa teknologi yang bermukim di Redmod tersebut, awal tahun ini. Meneruskan model sebelumnya, smartphone Android dari Nokia kali ini diberi nama X2.
Ditujukan bagi kalangan entry-level, Nokia X2 mengusung layar berjenis ClearBlack berukuran 4,3 inchi WVGA (800 x 480 pixels) pada density 217 ppi. Ukuran layar ini sedikit lebih besar dibanding Nokia X. Namun tetap saja, warna dan desain X2 sekilas tampak sangat mirip dengan pendahulunya.
Kinerja smartphone disokong oleh prosesor dual-core Snapdragon 200 berkecepatan 1,2GHz dan RAM 1GB. Untuk kegiatan berfoto-ria, Nokia menyediakan kamera utama 5MP lengkap dengan autofocus dan flash, beserta kamera depan VGA untuk panggilan video.
Lebih lanjut, Nokia X2 memiliki dukungan dual-SIM. Konektivitasnya termasuk USB 2.0, Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11 b/g/n. Ada kapasitas baterai 1.800 mAh yang mampu bertahan hingga 10 jam waktu bicara pada 2G, atau 13 jam pada 3G. Kekuatan baterai juga mampu menjaganya hidup sampai 23 hari standby. Fitur bawaan Nokia X2 antara lain, HERE Maps, Mix Radio, dan OneNote. Perangkat ini juga akan datang dengan pre-loaded Outlook.com, Skype dan OneDrive, yang menawarkan 15 GB cloud storage gratis, dengan beragam aplikasi Android yang bisa diunduh melalui Nokia Store termasuk Bing Search.
Nokia X2 sudah dijejali platform baru Nokia Software Platform 2.0, yang notabene merupakan generasi berikutnya dari platform Android yang dimodifikasi (bercabang) pada Nokia X. Update ini menyediakan perangkat tambahan untuk user interface, sehingga memungkinkan pengguna memilih antara tiga jenis layar. Ketiganya mencakup Homescreen mirip Windows Phone dengan resizable tile; Fastlane, yang menyediakan recent app dan item kalender masa depan; serta daftar aplikasi serupa Lumia untuk menyematkan item ke home screen.
Nokia X2 akan tersedia secara global mulai bulan depan. Harganya dilego US$135 atau kurang lebih Rp1.5 jutaan (Choi)

Sumber : http://www.microsoft.com/