19 April 2013 15:00
Sempat diisukan jumlah pelanggannya kalah dari WhatsApp, Twitter kini memperbarui situs jejaringnya dengan layanan baru. Secara resmi, situs ini telah meluncurkan layanan musik. Layanan baru ini bisa melacak Tweets yang dikirimkan oleh pengguna, untuk mendeteksi trek lagu yang paling populer dan artis-artis pendatang baru. Setiap pengguna Twitter kini dapat merekomendasikan lagu-lagu melalui Tweet, sehingga mereka bisa unjuk sampel dan mendengar lagu yang mungkin mereka sukai.Berkat Twitter #music, seniman musik bisa langsung beraktivitas dengan Twitter. Karena, mereka dapat men-tweet lagu langsung dari aplikasi. Ini fasilitas yang tentunya bisa berimbas baik terhadap pamor mereka, terutama bagi penyanyi pendatang baru.

Pengguna Twitter bisa mendapatkan sampel dari setiap lagu selama 30 detik. Lagu-lagunya saat ini berasal dari tiga sumber, yakni iTunes, Spotify, atau Rdio (stasiun layanan musik). Bagi pemegang iPhone, Anda bisa mendengar preview dari iTunes, toko online Apple, secara default ketika menjelajahi musik di aplikasi tersebut. Sementara, pelanggan Rdio dan Spotify dapat log in ke account mereka untuk menikmati lagu seutuhnya yang tersedia pada masing-masing katalog.

“Jika berminat pada lagu-lagu yang telah diposting oleh seniman dan orang-orang yang Anda ikuti (following) di Twitter, Anda dapat menavigasi ke #play (mainkan) untuk melihat dan mendengarkan lagu-lagu tersebut,” papar Twitter.

Perusahaan menegaskan sedang dalam pembicaraan dengan label musik lain. Twitter Music hanya untuk web browser internet dan perangkat genggam lain, seperti Apple. Aplikasi untuk iPhone sudah tersedia saat ini, dan versi website baru akan diluncurkan segera.

Layanan ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia dan Selandia Baru. Seiring waktu, pihak Twitter menjanjikan akan membawa layanan untuk platform Android dan tentunya, ke lebih banyak negara. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.cellular-news.com