selular20140509162540

9 May 2014 16:30

Selama lebih dari dua tahun, Beats Electronics, salah satu vendor produk audio terkenal setia menemani HTC dalam berbagai produknya. Perpisahan keduanya di tahun 2013 lalu membuat Beats bebas tanpa ikatan kerjasama dengan vendor mana pun. Maka, wajar saja bila perusahaan bentukan legenda hip-hop Dr. Dre itu kembali diincar oleh manufaktur handset untuk pengembangan teknologi musik. Bahkan, oleh vendor sekelas Apple.

Belakangan ini muncul kabar bahwa Apple tertarik mengakuisisi Beats. Laporan mengejutkan ini berasal dari The Financial Times (7/5/2014) yang menyebut kemungkinan penyatuan dua perusahaan, dengan nilai hingga mencapai US$ 3,2 miliar atau hampir Rp 37.5 triliun. Mungkin terdengar ironi, karena layanan streaming musik kepunyaan Beats sendiri bisa dianggap sebagai pesaing Apple iTunes Radio.

Saat ini, kedua belah pihak kabarnya masih dalam proses negosiasi. Dugaannya, kesepakatan bakal diputuskan pada pekan depan. Saat dihubungi, baik Apple maupun Beats Audio tidak mau merespon pertanyaan melalui telepon dan email yang diajukan. Kelak bila terjadi “deal”, maka pembelian Beats akan menjadi akuisisi dengan nilai terbesar bagi Apple yang belum pernah menggelontorkan dana lebih dari US$ 1 miliar untuk membeli perusahaan lain.

Sejumlah pihak bertanya-tanya mengenai alasan Apple di balik akusisi tersebut. Bisa saja Apple berencana untuk bundel earphone Beats di produk iOS masa depan sebagai bentuk baru daru EarPods mereka. Atau memungkinkan juga bila Apple berpikir tentang merilis headphone high-end mereka sendiri. Pertanyaan ini hanya bisa dijawab bila proses akuisisi benar-benar sudah rampung.

Di awal perpisahannya dengan HTC, pihak Beats memang menginginkan adanya penyegaran dalam hal kepemilikan perusahaan. Mereka ingin hadirnya investor baru dalam perusahaannya. Sebelumnya, tujuan dari kerjasama Beats dan HTC sebenarnya adalah melakukan bundling produk Beats dengan smartphone HTC. Namun, kenyataannya HTC hanya mengambil beberapa teknologi Beats dan memasukkannya secara langsung ke dalam handset.

Semula, HTC Corp memiliki 51 persen saham dari Beats yang dibeli sekitar US$ 300 juta. Kemudian, Beats kembali membeli 25 persen yang telah dilakukan pada 2012 lalu sebagai bagian dari “penataan ulang perjanjian bisnis”. (Choi)

 

Sumber : http://www.ft.com/