21 April 2014 14:30
Pecinta musik di perangkat iOS dan Android mungkin sudah akrab dengan aplikasi Shazam. Ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat dikenal oleh pengguna iOS karena kemampuannya untuk mendeteksi sebuah lagu (judul, penyanyi, lyrics), dengan cara mendendangkannya sekilas di built-in microphone ponsel. Bila dulu hanya berupa aplikasi terpisah, nantinya Shazam akan langsung terintergrasi dalam sebuah iPhone.

Apple ditengarai sedang mengadakan pendekatan dengan Shazam Entertainment Ltd untuk menghadirkan aplikasi pengenal musik tersebut di iOS. Seperti dilaporkan Bloomberg (17/4/2015), song ID feature itu akan disertakan dalam update iOS 8 mendatang. Berkat Shazam, pengguna akan bisa mengidentifikasi lagu dan artis melalui iPhone atau iPad mereka.

“Perusahaan berencana untuk meluncurkan sebuah fitur pencarian lagu dalam update software mobile iOS-nya. Fitur identifikasi musik akan terintegrasi ke dalam mobile software (iOS), sehingga pengguna tidak perlu lagi download sebagai aplikasi standalone (terpisah).”

Tak sebatas lagu, Shazam juga mampu mengenali acara televisi dan media lainnya, sehingga memungkinkan bakal menawarkan kemampuan fitur identifikasi serupa di perangkat Apple iOS. Kerennya, fitur Shazam akan terkait dengan Siri, yang memungkinkan pengguna untuk menanyakan apa lagu yang sedang dimainkan (“what song is playing”) melalui perintah suara.

Harapan kerja sama Apple dan Shazam ini bisa meningkatkan penjualan lesu musik digital di iTunes. Awal bulan ini, Apple memang dilaporkan sedang memikirkan cara guna merubah toko musik iTunes miliknya. Apple sendiri diduga bakal merilis update platform iOS 8 pada tanggal 2 Juni, selama acara tahunan Worldwide Developers Conference 2014. (Choi)

Sumber : http://www.bloomberg.com/