New York – Keseriusan BlackBerry merancang sistem operasi terbaru BB10 tampaknya tak main-main. Ketika mengumumkan dua produk smartphone Z10 dan Q10, Martyn Mallick, VP Global Alliances and Business Development BlackBerry menyatakan sudah ada 70 ribu aplikasi yang ditawarkan di BB10. “Antusiasme yang tinggi dari para pengembang membuat kami yakin aplikasi untuk BB10 akan bertambah ribuan aplikasi dalam seminggu,” ujar Mallick. Antusiasme itu, kata Alec Saunders VP Developer Relation BlackBerry tidak hanya milik pengembang yang mapan tapi juga oleh pengembang-pengembang aplikasi baru. “Bahkan di India ada yang membuat buku tentang pemrograman menggunakan platform BB10,” kata Alec bangga.
Beberapa pengembang papan atas dunia menyatakan komitmennya mendukung BB10. Beberapa diantaranya menurut Mallick adalah What’s App, SAP yang dikenal jago di aplikasi perusahaan, Rovio dengan belasan game best seller, Skype untuk komunikasi VoIP, hingga Amazon Kindle untuk platform e-book. “Targetnya ada 1000 top apps yang ditargetkan masuk BB10 dengan bermacam kategori seperti perbankan, social media, travel, keuangan, kesehatan, pemerintahan, hingga aplikasi game, musik, dan video,” tambah Mallick. Selain di level global untuk top apps tersebut, Mallick menyebut bahwa pendekatan lokal juga akan dilakukan untuk memilah top aplikasi apa saja yang sesuai dengan wilayah pemasaran BB10.
Keseriusan menggarap pengembang dan aplikasi ini, menurut Frank Boulben CMO Blackberry, memberi kepercayaan diri yang besar untuk melangkah ke persaingan.”Selain ekosistem pengembangan aplikasi kamu juga memiliki kerjasama yang kuat dengan 150 operator di seluruh dunia,” tambah Boulben dalam kesempatan wawancara dengan media dari Asia Pasifik. Terlebih, dengan preposisi produk yang unik dan punya diferensiasi ia sangat meyakini produk dengan platform BB10 akan sukses di pasar. “Kami akan punya portfolia BB10 dari produk low-end hingga premium hingga 12-18 bulan mendatang,” kata Boulben. “Bagi kami hari ini baru start dan bukan finish setelah BB10 diluncurkan. “Saya optimis dengan terobosan ini kami akan tetap bertahan sebagai pemain smartphone terkemuka,”ujarnya yakin. (Lukman Aribowo – Amerika Serikat)

 

Sumber : www.selular.co.id (31/1/2013)