28 March 2013 11:00
Pelan tapi pasti, adopsi NFC (near field communication) sebagai fitur andalan pada smartphone dan tablet terus meningkat. Bila di tahun ini diperkirakan minimal ada 285 juta unit gadget yang meluncur dengan NFC, maka di tahun 2014 jumlahnya akan meroket menjadi lebih dari 500 juta unit gadget ber-NFC. Hal tersebut merupakan analisis dari ABI Research yang didasarkan pada berkembangnya fitur NFC yang diadopsi oleh banyak vendor global.
Dikutip SELULAR Online dari Cellular-news.com (26/3), di tahun 2012 penerapan NFC masih fokus pada sistem pembayaran. Sedangkan di tahun 2013 telah mulai berkembang untuk fungsi fitur penghubung, berbagi data/konten, download informasi, dan tag informasi. “Pasar NFC akan sangat bergantung pada inisiatif vendor dalam menawarkan varian-varian smartphone dengan NFC, sementara mitra layanan akan mengikuti perkembangan yang ada,” ujar John Devlin, practise director ABI Research.
Vendor seperti Blackberry, Sony, LG  dan Samsung telah menerapkan strategi yang jelas untuk adopsi NFC. “OEM (original equipment manufacture) atau vendor memiliki inovasi dan memanfaatkan kemampuan NFC untuk meningkatkan interaksi personel, perangkat, dan lingkungan terdekat, bukan hanya untuk handphone, melainkan kepada ekosistem gadget lain seperti  speaker, televisi, kamera, game dan peralatan rumah tangga yang terintegrasi dalam teknologi NFC, “tambah Devlin. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.cellular-news.com (26/3/2013)