Ilustrasi Internet of Things
Ilustrasi Internet of Things

Konsep Internet of Everything atau Internet of Things (IoT) telah menjadi pembahasan hangat di industri teknologi selama bertahun-tahun. Bahkan sejak tahun 1920-an, ketika manusia masih membayangkan lampu yang dapat menyala dan redup dengan sendirinya. Namun, saat ini hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil sebab kemajuan teknologi menciptakan kemampuan baru dalam komunikasi dan konektivitas.

Dari bola lampu hingga jam tangan, dari indikator bensin hingga mobil, benda sehari-hari membentuk jaringan yang akan membuat hidup kita lebih mudah dan lebih produktif, baik di kantor maupun di rumah. Menurut ABI Research, konektivitas canggih dari perangkat, sistem, dan layanan ini menyebar sangat cepat sehingga lebih dari 30 miliar perangkat akan terhubung secara nirkabel pada tahun 2020. Ini berarti setiap orang di dunia memiliki kurang lebih empat perangkat yang saling terhubung.

Sebagai pemimpin industri yang berfokus pada seluruh aspek inovasi teknologi mobile, Qualcomm sangat antusias terhadap berbagai peluang yang dapat diberikan IoT kepada konsumen dan industri. Berikut adalah beberapa produk baru yang dapat Anda miliki di tahun 2014 untuk mendapatkan rasa dari gaya hidup mobile:

Pengeras Suara Terhubung Internet

Generasi nirkabel dan pengeras suara yang terhubung internet akan menawarkan fitur lebih banyak. Sehingga kita bisa mengontrol, mengakses dan mendengarkan musik dengan cara yang berbeda. Contohnya adalah Panasonic’s Multi-Room Hi-Fi Speaker System dengan teknologi Qualcomm AllPlay, memudahkan kita mengatur lagu dari ruangan berbeda melalui satu aplikasi terpusat. Kemudian terdapat Media platform pintar AllPlay yang mampu menghilangkan hambatan yang biasanya muncul karena perangkat berasal dari merek yang berbeda. Perangkat ini bisa memfasilitasi integrasi antar perangkat audio dari berbagai produsen sound system, serta berbagai perangkat mobile dan layanan streaming musik.

Perangkat Dapur Pintar

Teknologi nirkabel juga berpengaruh terhadap revolusi penghubung bahan bakar dalam dapur. Salah satu inovasi yang menarik adalah Belkin’s Crock-Pot slow cooker. Alat ini dapat diatur dari jarak jauh dan menyesuaikan waktu dan suhu melalui aplikasi mobile Belkin menggunakan Wi-Fi atau koneksi 3G/ 4G. Sehingga kita dapat memerintahkan untuk memulai makan malam dari kantor, tepat pada waktunya dan makan malam sudah siap ketika sampai di rumah.

Pencahayaan Pintar
Membuat rumah Anda lebih pintar semudah  memasang bohlam. Sistem pencahayaan canggih seperti LIFX dapat membuat Anda menyesuaikan warna, terang dan waktu hanya dari sebuah aplikasi pada smartphone Anda. Perangkat lunak terbuka AllJoyn mampu meningkatkan standar  dengan menghubungkan lampu ke perangkat dan layanan lainnya, sehingga lampu dapat diprogram untuk redup secara otomatis ketika sedang menonton  film untuk pengalaman menonton sebenarnya di rumah Anda atau mengatur lampu kulkas Anda untuk menyala ketika pintu kulkas tidak sengaja dibiarkan terbuka.

Kunci Pintar
Merek kunci pintar seperti Lockitron, August dan Goji mengadopsi teknologi yang mampu mengubah smartphone menjadi kunci nirkabel. Pintu akan terbuka secara otomatis  pada saat kita memasuki rumah. Tentunya selama ponsel tersebut bersama dengan kita. Hebatnya, kunci akan menyimpan rekaman siapa saja yang datang dan pergi, bahkan ketika kita sedang tidak di rumah.

Mobil Pintar
Teknologi yang menjadi alasan kata “smart” ada pada kata smartphone, juga diaplikasikan pada mobil. Modem  Qualcomm Gobi dan prosesor Snapdragon, teknologi yang ditemukan pada banyak smartphone dan tablet, saat ini telah menjadi standar  pada kebanyakan mobil salah satunya  sedan Audi A3.

Konektivitas 3G dan 4G LTE berkecepatan tinggi  dan kekuatan pemrosesan canggih yang dimilikinya akan memberikan hiburan dalam berkendara, dari game 3D untuk anak-anak di kursi belakang hingga onboard Wi-Fi hotspot yang memungkinkan kita online setiap saat untuk streaming audio dan video. Keamanan dan keselamatan akan ditingkatkan, dengan fitur seperti remote untuk membuka dan mengunci mobil serta melaporkan lokasi secara otomatis saat kecelakaan terjadi.

Ilustrasi di bawah ini, bisa menggambarkan aktivitas sehari-hari yang didukung dengan Internet of Things:

Infografis-QUalcomm-IOT