Tuesday, October 22, 2019
Home News Telco Pilah-Pilih Paket Internet Unlimited Harian

Pilah-Pilih Paket Internet Unlimited Harian

-

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2012 lalu, jumlah pengguna internet di tanah air sudah menyentuh angka 63 juta pengguna dan sekitar 65 persennya adalah diakses melalui smartphone. Tahun 2013, angka itu diprediksi naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna, berarti ada kenaikan sekitar 18- 19 juta pengguna internet. Berarti diperkirakan pada tahun 2013 ini ada sekitar 52 juta pengguna akan menggunakan akses internet dari layanan operator selular baik itu GSM maupun CDMA melalui smartphone, belum lagi tambahan pengguna yang menggunakan modem.
Potensi pengguna internet yang sangat besar ini membuat operator selular berlomba-lomba menawarkan beragam paket menarik untuk menjaring sebanyak-banyaknya pengguna internet mobile. Salah satu paket internet yang paling banyak ditawarkan oleh para operator selular adalah layanan paket internet Unlimited. Kata unlimited bermakna “tanpa batas” jadi seharusnya tambahan kata “unlimited” itu menghapuskan batasan apapun bagi pengguna internet ketika berlanggan paket data internet unlimited, baik itu dari sisi kecepatan akses maupun jumlah kuota.
Tapi pada kenyataannya untuk layanan paket internet unlimited kita mengenal istilah FUP (Fair Usage Policy) yang juga disebut sebagai batas pemakaian wajar. FUP ini biasanya ditentukan dalam jumlah kuota tertentu dan ketika pengguna internet sudah menghabiskan data hingga batas jumlah kuota FUP tersebut akan muncul pilihan untuk terus menggunakan internet gratis sampai batas waktu berlangganan habis dengan kecepatan akses internet yang dikurangi atau kecepatan tetap stabil dengan menggunakan kuota reguler yang berarti akan menambah biaya diluar harga paket. Jangka waktu berlangganan paket internet unlimited bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, berlangganan satu hari, satu minggu bahkan hingga satu bulan tentunya dengan harga paket, kecepatan akses dan FUP yang berbeda-beda sesuai dengan selera pengguna.
Nilai tambah dari layanan unlimited ini adalah kecepatan akses data internet yang di prioritaskan oleh operator sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan paket lainnya. Dengan kecepatan yang tinggi maka konsumsi data internet juga akan semakin cepat habis hingga menyentuh batas pemakian wajar dan kecepatan akses internet menjadi lambat kembali. Beberapa pelanggan paket unlimited mengantisipasi hal ini dengan memilih paket internet unlimited secara harian terutama untuk kebutuhan mendesak dengan kecepatan akses internet tinggi, jadi ketika sudah mencapai FUP dan kecepatan dikurangi, masa berlangganan pun habis karena hanya satu hari. Paket internet unlimited harian ini juga bisa dibilang yang paling murah, mudah dan cepat untuk keperluan mendadak tanpa harus terikat lama. Berikut ini coba kita bandingkan layanan internet unlimited harian yang ditawarkan oleh 5 operator selular di tanah air.

Indosat
Paket internet unlimited harian yang ditawarkan oleh indosat ini termasuk dalam layanan internet terbaru indosat Super 3G+. Sebenarnya layanan Indosat Super 3G+ ini mampu mendukung kecepatan internet maksimal hiingga 7,2 Mbps, tapi khusus untuk layanan internet Unlimited hanya dibatasi hingga kecepatan maksimal 1 Mbps saja. Untuk menikmati paket unlimited harian cukup merogoh kocek Rp.5000,- dan nikmati sehari penuh akses internet unlimited dengan FUP (batas pemakaian wajar) sebesar 50 MB. Jika lewat dari batas kuota tersebut kecepatan akan diturunkan menjadi 64 Kbps. Disediakan juga paket unlimited mingguan dengan harga Rp.25.000,- dengan batas pemakaian wajar hingga 200 MB. Sedangkan untuk berlangganan internet unlimited bulanan disediakan dua pilihan paket, Rp.50.000 dengan FUP 500MB atau Rp.100.000 dengan FUP hingga 2 GB. Untuk berlangganan paket Indosat Super 3G+ unlimited bisa dilakukan dengan menekan *123*4*1# dan pilih paket internet atau melalui SMS ke 363 dengan keyword sesuai keinginan.
Smartfren
Operator CDMA yang satu ini memang sedang gencar meningkatkan layanan data mereka, untuk layanan paket internet unlimited harian yang ditawarkan oleh smartfren connex ini memang bukan yang paling murah dan yang pling cepat, tapi mereka memiliki batas pemakaian wajar yang sangat banyak yaitu hingga 500 MB untuk semua paket unlimitednya. Kecepatan akses internet unlimited yang ditawarkan untuk download hingga 768 Kbps sedangakan untuk upload hingga 384 Kbps ini termasuk kelas paket data premium, jika sudah melewati batas FUP maka kecepatan akan diturunkan menjadi 153 Kbps. Untuk menikmati layanan internet unlimited harian Smartfren Connex harus mengeluarkan uang Rp.7.500,- dengan mendaftarkan melalui *123*3*2*1 dan pilih paket internet sesuai kebutuhan atau kirim SMS Ketik Data(spasi)unl1 dan kirim ke 123. Untuk paket internet unlimited mingguan biaya yang dibutuhkan Rp.39.000,-, sedangkan bulanan Rp. 99.000,-. Paket langganan unlimited bulanan juga tersedia dalam paket reguler dengan kecepatan maksimal hanya 384 Kbps hanya dengan selembar uang Rp.50.000,-.
Telkomsel
Layanan internet unlimited harian Telkomsel termasuk dalam Paket Flash Optima. Jika dibandingkan dengan operator lain, Telkomsel menawarkan akses internet unlimited yang paling cepat dengan kecepatan maksimal hingga 7,2 Mbps. Khusus untuk layanan internet unlimited harian tersedia dua pilihan paket, yang pertama yaitu harga Rp.6000 dengan FUP 40 MB, atau Rp.11.000 dengan FUP 85 MB silahkan dipilih sesuai kebutuhan. Jika yang lain menawarkan paket unlimited mingguan, Telkomsel menawarkan paket Dwi Mingguan seharga Rp.60.000 dengan FUP 500MB. Sedangkan untuk paket unlimited bulanan dengan FUP 2 GB harus merogoh kocek Rp.130.000. Walaupun tak dikenakan biaya lagi, tapi sangat menyedihkan ketika sudah melewati batas FUP dan kecepatan harus turun sangat jauh hanya 16 kbps dari 7,2 Mbps. Untuk mengaktifkan layanan unlimited telkomsel cukup tekan *363# pilih Telkomsel Flash > Flash Optima – Kuota Based.

Flexi
Seperti tenggelam dibwah persaingan sengit smartfren dan esia di layanan data, ternyata Flexi menawarkan paket internet unlimited harian yang paling murah dengan program FlexiNet Unlimited. Hanya dengan Rp.2.500,- saja kita bisa puas berinternet seharian. Tentunya harga yang murah juga ada akibatnya yaitu kecepatan akses internet hanya bisa dipacu maksimal 153 kbps saja. Sangat wajar dengan kecepatan seperti itu, Flexi tidak mematok batas pemakaian wajar karena jika dibandingkan dengan smartfren, 153 Kbps itu adalah kecepatan internet unlimited smartfren setelah diturunkan karena melebihi batas pemakaian wajar. Cara mengaktifkan layanan internet harian flexi sangat mudah cukup tekan *2255#.
Esia
Jika dibandingkan dengan layanan internet unlimited harian dari operator lain, harga paket Esia Paket Fantastis Harian yang dibandrol Rp.10.000,- adalah yang termahal. Meskipun demikian untuk operator CDMA bisa dibilang paling cepat karena mampu ngebut di jalur internet hingga kecepatan
Maksimal 3,1 Mbps hampir 4 kali lipat dari kecepatan smartfen Connexx untuk paket yang sama. Batas FUP 350 MB juga bisa dibilang leluasa dengan kecepatan setinggi itu, jika sudah melewati batas pemakaian wajar maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 64 Kbps. Jangan harap ada paket mingguan, karena selain paket harian hanya disediakan paket langganan bulanan dengan beragam kuota dan harga. Cara mengaktifkannya paket harian unlimited cukup dengan SMS, ketik FANTASTIS1 kirim ke 242. Dengan berlangganan Paket Fantastis Harian in juga secara otomatis dapat menikmati bonus akses layanan AHAmyTV, berlaku untuk live streaming dan Video On Demand (AHAProgram).
Operator lain?
Ternyata beberapa operator mulai menghilangkan layanan paket internet unlimited, seperti yang dilakukan XL. Sejak Februari 2012, XL sudah menghilangkan layanan paket unlimitednya dan mengganti dengan paket internet HotROG 3G+. Alasan XL menghentikan layanan unlimitednya karena menggangu jaringan. XL melayani jutaan pengguna internet pada saat yang bersamaan dan dengan adanya sebagian kecil pelanggan unlimited yang mengkonsumsi sebagian besar kapasitas network yang tersedia, maka sangat menyulitkan bagi XL untuk memberikan pengalaman akses internet yang baik bagi sebagian besar pengguna Internet
Hal serupa juga dilakukan TRI. Layanan internet unlimited yang dulu jadi andalan mereka dihapuskan dan diganti dengan layanan internet Always ON yang memberikan akses internet gratis ke 10 situs plihan termasuk sosial media dengan berlanggan minimal 1 bulan. Lain halnya dengan AXIS. AXIS tidak menyediakan layanan internet unlimited harian, hanya disediakan bonus gratis akses internet seharian setelah menghabiskan data internet Rp.4000 dengan tarif Rp.2/kb. Dan seterusnya akan mendapatkan koneksi internet gratis di hari yang sama tersebut hingga pukul 23.59. (Deni Sukma)

Latest