Friday, November 22, 2019
Home Tips Kenapa Baterai Ponsel Melendung?

Kenapa Baterai Ponsel Melendung?

-

baterai hpTanya
Saya sudah menggunakan beberapa ponsel Nokia hingga saat ini. Sejak pertama kali saya pakai Nokia tidak pernah mengalami masalah. Tapi beberapa waktu lalu tiba2 baterainya melendung seperti ada airnya di dalam. Saya jadi bingung. Kalau melihat berita di media-media katanya hal tersebut bisa menyebabkan ponsel meledak. Apa benar hal ini bisa terjadi? Apa sih yang membuat baterai bisa seperti itu?

Joni
Tangerang

Jawab
Kalau sampai terjadi ledakan, kemungkinannya sangat kecil. Yang pasti batere yang sudah melendung kinerjanya sudah sangat menurun, karena sel keringnya sudah rusak. Banyak hal yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Umumnya diakibatkan oleh rangkaian yang terhubung singkat (konslet) di dalam ponsel sehingga batere terus menerus tekor. Atau, bisa juga disebabkan karena overcharge, batere sudah penuh tetapi terus dipaksa isi. Terjadi karena rangkaian pengaturan proses pengisian batere tidak bekerja baik. Seharusnya jika batere sudah penuh, rangkaian pengatur harus memberhentikan proses pengisian walaupun charger tetap dipasang.

Faktor kualitas batere juga memegang peranan penting. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak sekali batere yang dijual dipasaran tidak memenuhi standar.

Latest