Surabaya, Selular.ID – Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menjadi pasar yang sangat penting bagi operator untuk menggenjot penetrasi pengguna layanan 4G. XL misalnya, telah membangun jaringan 4G LTE di 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Sehingga sejak Juni 2017, masyarakat Jawa Timur dapat menikmati layanan 4G yang dibesut oleh anak usaha Axiata Malaysia itu.
Pembangunan jaringan 4G yang massif itu, pada akhirnya menguntungkan para vendor handset yang giat meluncurkan produk-produk baru. Mereka tak ingin kehilangan potensi pasar yang besar seiring dengan melonjaknya tumbuhnya segmen pengguna layanan internet cepat.
Untuk mengetahui sejauh mana animo masyarakat Surabaya terhadap teknologi 4G, Selular menyambangi Plaza Surabaya, salah satu pusat perbelanjaan legendaris di kota Pahlawan itu. Di lantai 3 yang khusus menawarkan beragam produk gadget, konsumen bisa langsung mendatangi puluhan gerai yang menawarkan smartphone terbaru dari berbagai merek terkemuka.
Seperti halnya berbagai pusat perbelanjaan ponsel di Jabodetabek, Oppo terlihat sangat agresif dalam membangun brand. Ini terlihat dari tampilan merek ini yang terpampang banyak tempat, seperti show case dan material promo lainnya di sudut-sudut toko.
Menurut penuturan Dina, salah satu wiraniaga perempuan di gerai Access Mobile, Oppo memang menjadi primadona belakangan ini. Smartphone yang kental dengan label selfie expert itu, mampu membius konsumen dengan kemampuan kamera yang diklaim terbaik di kelasnya . Alhasil, beragam seri Oppo seperti F1, serta seri terbaru F3 dan F3s, menjadi buruan konsumen, meski harganya tidak murah.
Meski smartphone kelas menengah seperti Oppo F3 dan Asus Zen4 Max Pro, mulai banyak dilirik konsumen, pasar terbesar justru datang dari pengguna yang menginginkan smartphone 4G dengan harga terjangkau.
“Sejauh ini, kosumen di Surabaya sangat antusias dengan smartphone seharga Rp 1,5 – 2 juta. Semua sudah dilengkapi dengan teknologi 4G. Kalau smartphone 3G, sudah jarang yang mencari”, ungkap Dina.