Jakarta, Selular.ID – Platform cashback belanja online, ShopBack, melakukan survei mengenai produk apa yang paling diminati oleh konsumen di Harbolnas 2016 mendatang. Berdasarkan hasil survei, Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, menyebut ada tiga produk yang paling diincar oleh calon konsumen.
“Gadget dan aksesori 63,9 persen, menjadi kategori produk paling diincar konsumen ketika Harbolnas 2016 berlangsung nanti. Di posisi berikutnya adalah fashion 52,3 persen dan selanjutnya adalah keperluan rumah tangga 50,7 persen,” ujarnya saat mempresentasikan hasil survey online ShopBack di Jakarta, Selasa (6/12/2016). Selanjutnya, kata Yonathan kategori produk lain yang disebut akan dibeli oleh konsumen meskipun tidak terlalu besar persentasenya adalah makanan dan minuman 28,3%, kecantikan dan kesehatan 26,7, tiket dan travel 17,6%, serta otomotif 10,3%.
Menurutnya, munculnya gadget dan aksesori sebagai kategori produk paling diincar tidak terlalu mengejutkan jika melihat karakteristik calon konsumen yang berada di kisaran usia 19 tahun sampai dengan 35 tahun. Selain itu, bagi pelanggan pemula yang baru pertama mencoba belanja online, mereka biasanya memulai dari aksesoris gadget.
“Untuk belanja online pertama kali, orang biasanya akan hati-hati atau belum yakin. Oleh sebab itu, mereka belanja yang harganya tidak terlalu mahal, seperti gadget accesories,” jelasnya.
Begitu pula dengan munculnya keperluan rumah tangga yang didorong oleh suara 52 persen responden berusia 26 tahun hingga 35 tahun yang beberapa di antara mereka merupakan pasangan muda.
Dari produk-produk yang bakalan laris di Harbolnas nanti, terlihat bahwa sebagian besar konsumen akan menghabiskan uang senilai Rp250 ribu hingga Rp1 juta. Ini membuktikan bahwa untuk Harbolnas nanti konsumen Indonesia bisa mengeluarkan budget empat kali lebih besar dari pertama kali mereka belanja online.