Jakarta, Selular.ID – Beberapa tahun lalu, kiprah brand-brand lokal di panggung industri selular sangatlah ramai. Sayangnya, memasuki era ponsel cerdas yang tumbuh pesat belakangan ini, memberikan tantangan yang luar biasa kepada para brand lokal. Apalagi derasnya gempuran vendor-vendor asal China dan Taiwan, mengubah landscape bisnis secara cepat membuat posisi brand lokal terjepit.
Meski demikian selalu ada yang mampu bertahan sekaligus mampu bersaing dengan brand-brand global. Salah satunya adalah Advan. Vendor yang sebelumnya mengawali bisnis dari PC dan notebook ini, justru semakin eksis ditengah banyak brand lokal lain tumbang.
Kiprah Advan memang layak diapreasiasi, mengingat tak mudah bertahan sekaligus memenangkan hati konsumen di pasar yang sangat kompetitif, seperti Indonesia. Tambahan lagi, meski 100 persen produk asli Indonesia, sejauh ini Advan tak pernah mendapatkan keistimewaan dari pemerintah.
Bagaimana kiat dan strategi Advan dalam bertahan, sekaligus memenangkan persaingan pasar smartphone yang semakin tumbuh pesat?
Selular mengulasnya dalam program Bincang Eksekutif, bersama Marketing Director Advan Candra Lianto pada video diatas.