Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Bekraf dan Bank DBS Adu Model Bisnis UKM

BACA JUGA

image

Jakarta, Selular.ID – Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang ekonomi kreatif yang berorientasi ekspor beradu kepandaian dalam membuat model bisnis dalam kompetisi yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama dengan PT Bank DBS Indonesia (DBS) dan KATADATA.

Kompetisi yang berlangsung selama empat bulan dari Mei hingga Agustus 2016 ini diberi tajuk DBS Bring Indonesia to Global (BIG): Creative Business Challenge 2016.

DBS BIG kali ini mengusung tema “Inovasi Produk UKM Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia di Mata Dunia” dan terbuka bagi para pelaku UKM Kreatif yang bergerak pada bidang ekonomi kreatif, yaitu pada enam subsektor seni rupa, kerajinan tangan, fesyen, animasi video, kuliner, aplikasi dan pengembangan permainan digital.

Triawan Munaf, Kepala Bekraf  menyampaikan bahwa, ekonomi kreatif harus menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia jangka panjang yang bertumpu pada para pelaku usaha ekonomi kreatif, diantaranya UMKM dan UKM Kreatif, sehingga mereka dapat semakin berkembang dan memiliki daya saing secara global.

“UKM Kreatif merupakan tulang punggung petumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik, terdapat 57,9 juta jumlah UKM di Indonesia yang mampu berkontribusi sebesar 57,93% dari total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia pada 2014,” kata Triawan.

Sementara itu, Fadjar Hutomo, Deputi Bidang Akses Permodalan menekankan pentingnya fasilitas untuk tumbuh dan berkembang bagi UKM Kreatif karena dapat meningkatkan potensi, peluang dan akses bisnis dan pasar.

“Di masa depan, saya berharap akan muncul semakin banyak upaya kolaboratif-konstruktif antara pemerintah, swasta, akademisi dan komunitas dalam mendorong pertumbuhan ekosistem UKM Kreatif, khususnya dari sisi akses permodalan,” tegas Fadjar.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus merupakan pelaku UKM Kreatif yang telah berjalan minimal satu tahun dan berorientasi ekspor. Peserta juga harus memiliki usaha dengan omzet minimal sebesar Rp300 juta dan maksimal Rp3 miliar per tahun dan memiliki kekayaan bersih minimal Rp500 juta dan maksimal Rp10 miliar.

Pelaku usaha yang sudah mendapatkan pendanaan dapat mengikuti kompetisi ini dengan batasan nilai pendanaan tidak lebih dari Rp10 miliar.

Peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran di situs daring go.dbs.com/big. Kemudian peserta diminta membuat video berdurasi maksimum 5 menit yang menceritakan secara singkat tentang profil UKM Kreatif yang dikelola termasuk jenis usaha, produk/jasa yang dihasilkan, keunggulan produk/jasa, dan pasar ekspor yang dituju. Video ini kemudian diunggah ke situs YouTube.com dan peserta mengirimkan tautan video tersebut ke alamat surel gsmcindo@dbs.com dengan subjek “DBS BIG”.

Linimasa kompetisi ini adalah sebagai berikut: 1) pendaftaran dibuka pada tanggal 23 Mei 2016 hingga 30 Juli 2016. Kemudian, 2) babak penyisihan akan dilangsungkan hingga 23 Juli 2016 dan dilanjutkan dengan 3) babak semifinal pada 9 – 12 Agustus 2016 dan akhirnya 4) babak final pada 13 – 15 Agustus 2016. Info selengkapnya silakan kunjungi situs berikut go.dbs.com/big.

Babak semifinal hanya akan menyisakan 10 peserta dan mereka berhak mendapatkan fasilitas konsultasi dan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Bekraf. Selain itu, para semifinalis akan mengikuti preliminary business discussion dan pelatihan keahlian presentasi dari pemerintah, pelatih dan praktisi bisnis ternama, diantaranya dari BukaLapak.com, ActionCOACH, Universitas Prasetya Mulia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Bekraf.

Kesepuluh semifinalis akan mempresentasikan model bisnis mereka yang telah dilengkapi dengan beragam rencana pengembangan berorientasi ekspor di hadapan dewan juri dan tiga finalis terpilih akan diikutkan dalam Expo Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Bekraf. Selanjutnya, mereka akan memperoleh kesempatan dan pengalaman mempresentasikan ide dan inovasi bisnis mereka di hadapan kalangan pebisnis profesional, serta hadiah uang tunai senilai total Rp245juta.

Tahap final akan berlangsung pada 13-15 Agustus 2016 dimana akan terpilih tiga finalis yang akan diminta membuat rancangan platform digital untuk memasarkan produknya dan menyiapkan presentasi bisnis dalam waktu 48 jam.

Disediakan hadiah uang tunai senilai Rp100juta untuk juara pertama, Rp70juta untuk juara kedua, dan Rp50juta untuk juara ketiga. Bagi pendaftar dengan video yang memiliki jumlah like dan/atau view paling banyak akan menjadi juara favorit dengan hadiah uang tunai sebesar Rp25juta.

Keseluruhan proses ini akan dipandu secara intensif oleh mentor dari BukaLapak.com dan Business Coach ActionCOACH Marvin Suwarso.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU