Selular.id – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) berhasil mencatatkan jumlah pelanggan sebanyak 82,6 juta hingga kuartal II-2025. Pencapaian ini disertai dengan ARPU (Average Revenue Per Unit) campuran yang tetap stabil di kisaran Rp 36 ribu.
Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi, menyebut kuartal II-2025 sebagai tonggak penting bagi perusahaan, terutama pasca-konsolidasi merger yang telah rampung.
Rajeev menjelaskan bahwa secara eksternal, industri telekomunikasi masih diwarnai kompetisi yang ketat. Sementara itu, secara internal, XLSMART terus memastikan operasional perusahaan tetap solid agar layanan kepada pelanggan dapat berjalan optimal. Pernyataan ini disampaikannya melalui keterangan tertulis yang dikutip Kamis (28/8/2025).
Menurut Rajeev, XLSMART fokus pada konsolidasi dan integrasi di berbagai lini untuk menjaga kinerja perusahaan tetap on track. Beberapa pencapaian penting telah terwujud, termasuk terciptanya skala bisnis yang semakin besar, integrasi jaringan yang berjalan sesuai rencana, serta peningkatan pengalaman pelanggan.
XLSMART juga tengah melakukan modernisasi jaringan untuk memperluas kapasitas dan mempersiapkan pemanfaatan teknologi terbaru. Dengan jaringan yang lebih luas, kapasitas yang lebih besar, dan strategi multi-brand, XLSMART siap memperkuat posisinya sebagai motor transformasi digital Indonesia.
“Kami bersyukur dapat terus menjaga pertumbuhan pendapatan, masih meraih profitabilitas, serta menghadirkan layanan yang inklusif, inovatif, dan bernilai tambah bagi seluruh pelanggan,” kata Rajeev.
Perusahaan terus mendorong percepatan adopsi digital dalam interaksi dengan pelanggan, khususnya melalui aplikasi MyXL, AXISNet, dan mySmartfren. Ketiga aplikasi ini menunjukkan tren pertumbuhan pengguna yang signifikan.
Pertumbuhan Pengguna Aplikasi Digital
Hingga kuartal II-2025, tercatat lebih dari 41,4 juta pelanggan yang aktif menggunakan MyXL, AXISNet, dan mySmartfren. Pertumbuhan Monthly Active User (MAU) mencapai 29% dibandingkan tahun sebelumnya. Tingkat penggunaan ketiga aplikasi tersebut tidak hanya mencerminkan pengalaman pelanggan yang semakin baik, tetapi juga monetisasi yang lebih efektif melalui pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan.
“Semakin banyak penggunaan ketiga aplikasi tersebut oleh pengguna, maka akan semakin mempertajam prediksi tentang tren dan perilaku pelanggan, serta memungkinkan untuk memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan,” ujar Rajeev.
Selama dua tahun terakhir, MyXL, AXISNet, dan mySmartfren mengalami pertumbuhan kontribusi pendapatan sebesar 18%. XLSMART terus melakukan personalisasi penawaran dan layanan sebagai salah satu kunci pertumbuhan perusahaan. Strategi ini berhasil mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya membantu meningkatkan pendapatan.
Baca Juga:
Strategi Berbasis Data Analytics
XLSMART menerapkan strategi berbasis digital melalui data analytics, yang memungkinkan perusahaan berinvestasi di area bernilai tinggi dan membangun jaringan untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan. Dengan dukungan data analytics, XLSMART dapat mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan.
Upaya peningkatan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan juga terus dilakukan. XLSMART berkomitmen untuk tetap relevan di tengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin dinamis. Minat XLSMART untuk ikut serta dalam lelang frekuensi 1,4 GHz juga menjadi bagian dari strategi ekspansi dan penguatan jaringan di masa depan.
Selain fokus pada aspek teknis dan operasional, XLSMART juga aktif dalam berbagai inisiatif lain, seperti program penghargaan di bidang ekonomi hijau dan promo spesial menyambut HUT RI Ke-80. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan masyarakat luas.
Ke depan, XLSMART akan terus memantau perkembangan industri dan kebutuhan pelanggan untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan selalu sesuai dengan ekspektasi. Dengan fondasi yang kuat pasca-merger dan strategi yang terarah, XLSMART optimis dapat terus tumbuh dan berkontribusi dalam transformasi digital Indonesia.