Selular.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperkuat peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai inisiatif digital dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia. Dengan tema “Bersatu, Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju,” Telkom berkomitmen mendorong transformasi digital UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.
Direktur Utama Telkom Dian Siswarini menyatakan, “Telkom hadir sebagai mitra pertumbuhan UMKM agar mereka bisa berkembang, naik kelas, dan bersaing di era digital. Melalui berbagai program, kami ingin memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat.” Komitmen ini diwujudkan melalui sejumlah langkah strategis, termasuk Digi Koperasi, UMK Digital Fest, dan portal UMKM digital.
Digi Koperasi menjadi salah satu program unggulan Telkom yang bertujuan mengintegrasikan ekosistem koperasi dalam program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP). Platform ini memfasilitasi koperasi untuk terhubung dengan rantai pasok BUMN, mengakses marketplace UMKM, serta memantau performa bisnis melalui dashboard khusus.
Inisiatif Digital untuk UMKM
Telkom juga menyelenggarakan UMK Digital Fest, bagian dari pembinaan UMKM yang telah berjalan sejak 2002. Hingga kini, sebanyak 88.251 UMKM telah menjadi binaan Telkom melalui program seperti Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), Rumah Kreatif BUMN, dan Rumah BUMN. Program ini mengadopsi kerangka kerja 4GO: Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global.
Sebagai pusat informasi dan edukasi, Telkom meluncurkan portal UMKdigital.id. Portal ini dirancang untuk memudahkan UMKM mengakses pengetahuan, memperluas jaringan, dan memasarkan produk secara digital. Selain itu, Telkom juga memperkenalkan fitur-fitur baru di PaDi UMKM, termasuk Tender Kilat untuk efisiensi pengadaan.
Baca Juga:
Dukungan Sertifikasi Halal dan Kemasan Modern
Telkom tidak hanya fokus pada digitalisasi, tetapi juga meningkatkan kualitas produk UMKM melalui program PackFest dan HalalFest. PackFest memberikan bantuan 1,2 juta kemasan modern kepada 1.500 UMKM, sementara HalalFest telah memfasilitasi sertifikasi halal bagi 2.676 pelaku usaha. Program ini bertujuan meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar ritel dan global.
Ahmad Reza, SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom, menambahkan, “Kami ingin memastikan UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkontribusi bagi perekonomian nasional.” Dengan berbagai inisiatif ini, Telkom berharap dapat mempercepat pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan dan inklusif.