Jakarta, Selular.ID – Indonesia masih merupakan salah satu pasar yang paling potensial untuk e-commerce di Asia. Setelah usaha mikro di Indonesia semakin menyadari kekuatan internet dan mulai memasuki e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka, kekuatan ekonomi Indonesia akan menjadi lebih tangguh.
Merunut pada data Kementrian Koperasi dan UKM pada 2014 lalu, saat ini di Indonesia sudah tercatat lebih dari 56 juta pelaku UKM. Namun dari angka ini, baru sekitar 0,05 persen yang memanfaatkan medium digital. Sehatkah Indonesia?
Bila menambah jumlah 0,05 persen tadi hingga mencapai angka 2 persen. Angka ini dipercaya sebagai angka sehat untuk barometer UKM Indonesia yang memanfaatkan dunia online.
Situs marketplace Elevenia berkomitmen untuk menggerakkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mencicipi plaform online, memang menjadi salah satu tujuan ke depannya. Junsung Lee, CEO elevenia menguraikan stastistik bahwa, hingga saat ini, elevenia telah memiliki lebih dari 23 ribu seller, yang hampir 90 persen adalah UKM. Namun, sebagian lokasi mereka adalah di Jabodetabek. Sementara, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas.
“Bagi kami sebagai salah satu pemain di industri e-commerce, ini merupakan PR besar yang harus dituntaskan,“ jelas Lee.
Tak ayal, sebagai sebuah bisnis yang menempatkan posisi di Marketplace, elevenia memiliki dua fokus: pembeli dan penjual. Untuk fokus bagi penjual, Lee mengklaim bahwa elevenia merupakan satu-satunya e-commerce yang memiliki fasilitas Seller Zone. Ini merupakan bangunan fisik, yang berisi studio foto, ruang training dan seminar, yang dibangun khusus untuk mereka yang hendak mecoba berjualan di dunia digital.
Selain dengan fasilitas fisik, elevenia juga terus mengembangkan berbagai program yang mendukung aktifitas para seller. “Saat ini kami sedang memiliki program special untuk para seller yang akan bergabung di elevenia. Bukan hanya mendapatkan benefit berupa layanan Seller Zone, namun juga berbagai hadiah,” ujar Lee.
Dengan program tersebut, situs e-commerce ini ingin memberikan value lebih kepada seller yang bergabung. “Membesarkan UKM di Indonesia merupakan salah satu tujuan kami hadir di sini,” ujar Lee menutup pembicaraan.