Selular.ID – Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia berkolaborasi mengadakan sesi live shopping di kegiatan offline ‘Ramadan Berdaya: Jejak Jajanan Nusantara Kemenko PM 2025’, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat RI sepanjang 18-20 Maret 2025.
Muhaimin Iskandar, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat RI menyampaikan penyelenggaraan ‘Ramadan Berdaya: Jejak Jajanan Nusantara Kemenko PM 2025’ menjadi salah satu langkah konkret pemerintah dalam menciptakan ekosistem pemberdayaan UMKM agar dapat terus berlanjut serta semakin tumbuh dan berdaya.
“Melalui sinergi antara pemerintah dengan berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan TikTok Shop, di momentum Ramadan tahun ini, kami berharap dapat memberikan ruang bagi UMKM untuk berkembang dan meningkatkan usaha mereka lebih jauh,”ujar Muhaimin.
Muhammad Hilmi Adrianto, Head of Public Policy TikTok Indonesia, , mengungkapkan, lewat kolaborasi yang makin erat bersama TikTok, Tokopedia dan TikTok Shop terus mendukung berbagai inisiatif pemerintah untuk memberdayakan UMKM.
Salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping dan video pendek. TikTok Shop menemukan bahwa jumlah penjual naik sekitar 40% menjelang Ramadan 2025, dan peningkatan pesanan para penjual di TikTok Shop rata-rata 2 kali lipat.
“Kami juga mencatat produk terlaris lewat live streaming di TikTok, antara lain baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, dan hampers,”kata Hilmi.
Di pekan pertama Ramadan 2025, pada kategori Makanan dan Minuman, produk paling laris di Tokopedia antara lain hampers, camilan (makaroni dan puding), serta kurma, sedangkan di TikTok Shop antara lain bahan masakan (minyak goreng dan gula), kue (nastar dan bika ambon), serta kurma.
Baca Juga:Tokopedia Rilis Produk Terlaris Jelang Tahun Baru 2025
“Pelaku UMKM mBAKSOimah menjadi salah satu dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop, yang mengalami peningkatan penjualan pada momen Ramadan 2025,” tutup Hilmi.