Jumat, 15 Agustus 2025
Selular.ID -

Ini Peningkatan Transaksi Online di Momen Spesial

BACA JUGA

Selular.ID – Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan transaksi online di momen spesial, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada momen spesial.

Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berjualan lewat website.

Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial mengatakan kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.

“Sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online,”ujar Dea.

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans di tahun 2022:

1. Tak Hanya Harbolnas, Transaksi Online Meningkat Pada Momen Gajian
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi.

Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.

Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca Juga:4 Keuntungan Belanja Online Bikin Kamu Betah Di Rumah

2. Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit
Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi semakin menjadi pilihan pelanggan.

Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.

Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.

3. Kemudahan Checkout di Website
Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman.

Sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant. Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant.

Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.

Baca Juga:Aplikasi Belanja Online Terfavorit, Semakin Betah Belanja dari Rumah

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tutup Dea.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU